Roboguru

Ledakan penduduk temasuk ke dalam tingkatan organisasi kehidupan yaitu ....

Pertanyaan

Ledakan penduduk temasuk ke dalam tingkatan organisasi kehidupan yaitu ....   

Pembahasan Soal:

Biologi mempelajari segala sesuatu tentang kehidupan pada berbagai tingkat organisasi. Organisasi dalam kehidupan dapat dipetakan menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan seterusnya sampai paling tinggi. Pada masing-masing tingkatan kehidupan, pasti terdapat pula permasalahan biologinya. Salah satunya yaitu permasalahan biologi pada tingkat populasi. Populasi merupakan individu-individu sejenis yang berkumpul di suatu tempat tertentu pada waktu yang sama. Contohnya yaitu murid-murid yang berada di sekolah yang sama dinamakan sebagai populasi manusia, kumpulan rumput yang ada di halaman sekolah dinamakan populasi rumput, dan kumpulan belalang dinamakan populasi belalang. Permasalahan yang dapat terjadi pada tingkat populasi, misalnya adanya peningkatan atau ledakan penduduk, peningkatan atau ledakan hewan, dan wabah penyakit.

Dengan demikian, ledakan penduduk temasuk ke dalam tingkatan organisasi kehidupan yaitu populasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini merupakan salah satu contoh permasalahan biologi pada tingkat populasi adalah ….

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi pada tingkat populasi sangat berkaitan dengan penurunan jumlah populasi suatu spesies di alam dan bagaimana cara menanggulanginya. Salah satu contohnya adalah Deubentonia madagascariensis yang masuk kategori hewan yang terancam punah. Hal tersebut disebabkan karena hewan ini sering diburu oleh penduduk lokal dan habitatnya semakin hilang karena alih fungsi hutan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Fenomena serangan tomcat ke beberapa wilayah di Indonesia merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh ahli Biologi. Penanganan masalah tersebut melibatkan objek Biologi dengan pendekatan cabang ilmu ...

Pembahasan Soal:

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan segala aspek yang menyertainya, mulai dari proses biokimia di dalam sel sampai pada tingkatan ekosistem, bahkan hingga ke perubahan iklim global. Biologi terdiri dari berbagai tingkatan organisasi dan cabang ilmu. Tomcat merupakan serangga yang disebut juga sebagai semut semai. Di alam, tomcat berperan sebagai predator alami serangga lain. Fenomena serangan tomcat ke beberapa wilayah di Indonesia merupakan masalah yang dapat dikaji pada tingkatan populasi. Sementara itu, cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga dan peranannya bagi kehidupan adalah entomologi.

Berdasarkan uraian tersebut, fenomena penyebaran tomcat dapat dikaji pada secara berturut-turut pada cabang ilmu dan tingkatan organsiasi entolomologi-populasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Fenomena kematian ikan secara massal di suatu perairan pantai yang disertai perubahan fisik air laut menjadi kemerahan dan kemunculan organisme bersel tunggal yang melimpah merupakan masalah yang haru...

Pembahasan Soal:

Fenomena adanya kematian ikan dapat diindikasikan adanya pencemaran racun dalam air. Ilmu yang mempelajari tentang pencemaran yaitu toksikologi. Karena yang mengalami kematian hanya jenis ikan saja maka tingkat organisasi biologinya yaitu pada tingkat populasi, populasi merupakan sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya.

Penjelasan pilihan lainnya:

iktiologi : cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) ikan.
fisiologi : salah satu dari cabang-cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.
sitologi : ilmu yang mempelajari tentang sel
ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
sel : kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.
komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
individu : organisme tunggal

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah B.

0

Roboguru

Kepadatan jumlah penduduk antar-pulau di Indonesia tidak seimbang. Hal ini merupakan permasalahan biologi di tingkat....

Pembahasan Soal:

Objek permasalahan pada soal adalah penduduk. Kepadatan jumlah penduduk yang tidak seimbang, merupakan permasalahan biologi tingkat populasi. Populasi merupakan kumpulan individu sejenis yang berada pada wilayah tertentu dan waktu yang tertentu pula.

0

Roboguru

Kepadatan jumlah penduduk antar pulau di Indonesia tidak seimbang. Hal ini merupakan permasalahan biologi di tingkat ...

Pembahasan Soal:

Objek permasalahannya adalah penduduk yaitu suatu populasi manusia yang menempati suatu daerah.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved