Roboguru

Latarbelakang dilaksanakan landrent system oleh Rafless selama kekuasaanya di Indonesia adalah...

Pertanyaan

Latarbelakang dilaksanakan landrent system oleh Rafless selama kekuasaanya di Indonesia adalah...

  1. tanah yang digunakan rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib memberikan keuntungan yang besar untuk Inggris

  2. tanah yang digunakan rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib menyiapan dana cadangan untuk pemerintah Inggris

  3. tanah yang digunakan oleh rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib membantu pengembangan wilayah perdagangan Inggris

  4. tanah yang digunakan oleh rakyat bukan milik rakyat tetapi milik Raja Inggris, sehingga rakyat wajib memberikan sesuatu kepada Raja Inggris

Pembahasan Soal:

Sistem landrent atau sewa tanah disebut juga sistem pajak tanah merupakan suatu sistem dimana para petani harus membayar pajak kepada pemerintah kolonial sebagai uang sewa atas tanah yang digarap rakyat dikarenakan semua tanah dianggap sebagai milik pemerintah kolonial. Sistem sewa tanah diterapkan oleh Kongsi dagang East India Company (EIC) yang dipimpin oleh Thomas Raffles di Indonesia setelah mengambil alih kekuasaan atas Indonesia dari Belanda. Dimana Thomas Raffles memerintah di Indonesia selama lima tahun yang dimulai dari tahun 1811 hingga tahun1816.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa teori yang digunakan oleh gubernur Jenderal rafles dalam pelaksanaan sistem sewa tanah? Jelaskan isi dari teori tersebut!

Pembahasan Soal:

Teori Domein Raffles ialah suatu ketentuan tentang kekuasaan bangsawan Inggris atas tanah, yaitu bahwa orang biasa hanya dapat menyewa tanah tersebut. Teori Domein ini untuk pertama kalinya diterapkan oleh Thomas Stamford Raffles. Teori ini diterapkan untuk memberikan landasan hukum dan mempertanggungjawabkan pungutan (pajak) yang diadakannya pada waktu menjabat Lieutenant Governor (Gubernur Jenderal) di Jawa pada masa pemerintahan sisipan Inggris Tahun 1811-1816.

Dengan demikian, dalam melaksanakan sistem sewa tanah, Gubernur Jenderal Raflles menggunakan Teori Domein. Raflles berpendapat bahwa tanah yang dimiliki petani pada dasarnya adalah tanah para Raja. Karena kekuasaan para Raja telah berpindah dari pemerintah Inggris, maka sebagai akibat hukumannya hak-hak pemilikan atas tanah tersebut dengan sendirinya berahli pula kepada raja Inggris. Oleh karena itu, tanah tanah yang dikuasai dan digunakan oleh rakyat itu bukan miliknya, melainkan milik Raja Inggris, sehingga mereka wajib memberikan sesuatu kepada raja Inggris sebagaimana sebelumnya diberikan kepada raja raja mereka sendiri. Hal yang menjadi kewajiban untuk diberikan tersebut dikenal dengan istilah penderita Raflles.

0

Roboguru

Yang dimaksud dengan teori domein adalah ....

Pembahasan Soal:

Raffles menganut teori domein, yang menyatakan kalau tanah yang dimiliki petani atau rakyat pada dasarnya milik raja Inggris. Dengan demikian, Raffles selaku kepanjangan tangan dari pemerintahan Inggris di Indonesia merasa berhak untuk memungut biaya sewa dari para petani dan rakyat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Apakah akibat yang dirasakan bangsa Indonesia dari praktek sistem sewa tanah yang diterapkan bangsa Inggris yang menguasai Hindia Belanda?

Pembahasan Soal:

Sistem sewa tanah terapkan oleh Thomas Stamford Raffles setelah mengambil alih kekuasaan dari belanda. Thomas Stamford Raffles diangkat menjadi Letnan Gubernur EIC di Indonesia. Ia memegang pemerintahan selama lima tahun (1811-1816) dengan membawa perubahan berasas liberal. Sistem sewa tanah disebut juga sistem pajak tanah adalah salah satu kebijakan Raffles di Indonesia. Rakyat atau para petani harus membayar pajak sebagai uang sewa, karena semua tanah dianggap milik negara. Adanya sewa tanah yang dibuat oleh Raffles tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya antara lain: memperkenalkan sewa tanah dengan titik berat pada pajak dan ekonomi uang atau moneter, menunjukkan pemerintahan yang sentralistis, menunjukkan gaya yang memadukan otoriter versus demokrasi, dihapuskannya kerja rodi dan upeti, kopi merupakan sumber pendapatan pemerintah yang terjamin. Sedangkan dampak negatifnya diantaranya : Menumbuhkembangkan kebencian rakyat pemilik tanah, timbulnya kerugian yang cukup besar bagi pribumi, menumpahnya kekecewaan para Sultan, Bupati, dan bangsawan akibat pengambilan pajak secara langsung pada distrik-distrik dan desa-desa serta kepala-kepala rakyat, Petani tidak boleh menjual, membeli maupun menggadaikan tanah.undefined

Dengan demikian, dampak sistem sewa tanah yang dirasakan masyarakat Indonesia antara lain ada dampak positif dan negatif, namun pada pelaksanaannya sistem sewa tanah mengalami kegagalan dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan sistem sewa tanah tersebut.

0

Roboguru

Tanah adalah milik negara, maka rakyat harus menyewa tanah kepada negara. Hal inilah yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan...

Pembahasan Soal:

Inggris menduduki Indonesia pada 1811 hingga 1816. Inggris menunjuk Thomas Stamford Raffles sebagai letnan gubernur untuk menjalankan pemerintahan di Indonesia. Tugas utamanya adalah mengatur pemerintahan dan meningkatkan perdagangan serta keuangan. Sebagai tokoh dari golongan liberal, Raffles menginginkan adanya perubahan dalam berbagai bidang. Perubahan tersebut diwujudkan melalui berbagai kebijakan, salah satunya dengan memberlakukan Land Rent System (landelijk stelsel) atau sistem sewa tanah.

Land Rent System adalah sistem sewa tanah atau pajak tanah yang dicetuskan oleh Thomas Stamford Raffles. Kebijakan dan program yang dicanangkan Raffles ini terkait erat dengan pandangannya mengenai status tanah sebagai faktor produksi. Menurut Raffles, pemerintah adalah satu-satunya pemilik tanah yang sah. Oleh karena itu, sudah selayaknya apabila penduduk Jawa menjadi penyewa dengan membayar pajak sewa tanah yang diolahnya. Ketentuan sistem sewa tanah pada masa pemerintahan Letnan Gubernur Raffles adalah sebagai berikut: petani harus menyewa tanah meskipun ia adalah pemilik tanah tersebut, harga sewa tanah bergantung pada kondisi tanah, pembayaran sewa tanag dilakukan dengan uang tunai, penduduk yang tidak memiliki tanah dikenakan pajak kepala.

Dengan demikian, jawaban paling benar adalah B.

0

Roboguru

Dari berbagai kebijakan Raffles yang memberatkan rakyat, jelaskan dampak positif yang dirasakan oleh Indonesia dengan sitem sewa tanah!

Pembahasan Soal:

Sistem sewa tanah terapkan oleh Thomas Stamford Raffles setelah mengambil alih kekuasaan dari belanda.  Sistem sewa tanah disebut juga sistem pajak tanah adalah salah satu kebijakan Raffles di Indonesia. Rakyat atau para petani harus membayar pajak sebagai uang sewa, karena semua tanah dianggap milik negara. Adanya sewa tanah yang dibuat oleh Raffles tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya antara lain: memperkenalkan sewa tanah dengan titik berat pada pajak dan ekonomi uang atau moneter, menunjukkan pemerintahan yang sentralistis, menunjukkan gaya yang memadukan otoriter versus demokrasi, dihapuskannya kerja rodi dan upeti, kopi merupakan sumber pendapatan pemerintah yang terjamin.

Dengan demikian, sistem sewa tanah memberikan dampak positif bagi rakyat Indonesia, dampak positif tersebut berupa memperkenalkan sewa tanah dengan titik berat pada pajak dan ekonomi uang atau moneter, menunjukkan pemerintahan yang sentralistis, menunjukkan gaya yang memadukan otoriter versus demokrasi, dihapuskannya kerja rodi dan upeti, kopi merupakan sumber pendapatan pemerintah yang terjamin.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved