Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


Kura-kura duduk termenung sambil menyangga dagunya dengan kedua tangannya. Ia duduk di teras rumah Pak Tani, memperhatikan kesibukan orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya. Ada yang membetulkan tiang tenda, mengangkat kursi, atau menata dekorasi. Uh, bete, rutuknya dalam hati.

Kura-kura bukannya tidak senang akan dinikahkan dengan putri Pak Tani, tetapi berada dalam kurungan kecil itu sungguh membuatnya uring-uringan. Ia merasa seperti lumpuh, tak bisa apa-apa. Coba kalau Beruang mau menggantikan posisiku. Matahari yang telah tinggi membuatnya kegerahan.space 

Latar pada kutipan fabel di atas adalah …

Latar pada kutipan fabel di atas adalah …space 

  1. siang hari, di teras rumahspace 

  2. pagi hari, di halaman rumahspace 

  3. siang hari, di dalam rumahspace 

  4. malam hari, di teras rumahspace 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel adalahcerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang.Fabel di atas bercerita tentang seekor kura-kura yang akan dinikahkan dengan putri Pak Tani. Latar pada fabel adalah gambaran tempat waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa. Latar tempat pada fabel di atas terlihat pada kalimat kedua paragraf yaitu Ia duduk di teras rumah Pak Tani, memperhatikan kesibukan orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya. Sedangkan latar waktu terlihat pada kalimat terakhir paragraf yaitu Matahari yang telah tinggi membuatnya kegerahan. Kalimat tersebut menyatakan bahwa latar waktunya adalah siang hari karena waktu matahari mulai meninggi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Fabel di atas bercerita tentang seekor kura-kura yang akan dinikahkan dengan putri Pak Tani. Latar pada fabel adalah gambaran tempat waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa. 

Latar tempat pada fabel di atas terlihat pada kalimat kedua paragraf yaitu Ia duduk di teras rumah Pak Tani, memperhatikan kesibukan orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya. Sedangkan latar waktu terlihat pada kalimat terakhir paragraf yaitu Matahari yang telah tinggi membuatnya kegerahan. Kalimat tersebut menyatakan bahwa latar waktunya adalah siang hari karena waktu matahari mulai meninggi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar waktu pada kutipan fabel tersebut adalah ....

1

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia