Roboguru

Latar belakang lahirnya gerakan reformasi ditandai dengan krisis ekonomi dan politik pada akhir pemerintahan orde baru yang terjadi karena….

Pertanyaan

Latar belakang lahirnya gerakan reformasi ditandai dengan krisis ekonomi dan politik pada akhir pemerintahan orde baru yang terjadi karena….

  1. Jatuhnya nilai tukar rupiah

  2. ....

Pembahasan Soal:

Krisis ekonomi di Indonesia yang terjadi pada 1997 cukup besar dan signifikan, hal ini dipicu dari krisis keuangan. Hal tersebut dimulai ketika nilai tukar bath (mata uang Thailand) terhadap dolar Amerika. Penurunan nilai kurs menyebabkan nilai utang luar negeri Indonesia yang sebelumnya sudah jatuh tempo menjadi membengkak. Jatuhnya nilai kurs baht selanjutnya menular di seluruh kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Krisis ekonomi Indonesia didahului dengan terjadinya krisis....

Pembahasan Soal:

Sejak tahun 1996, negara-negara di Asia mengalami krisis moneter, salah satunya adalah Indonesia. Krisis moneter adalah memburuknya keadaan keuangan suatu negara yang berhubungan dengan mata uang. Krisis ekonomi Indonesia, sebenarnya diawali dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Krisis ini terus berlanjut hingga tahun 1998 dan berlanjut menjadi krisis ekonomi yang hebat. Krisis ekonomi di Indonesia ditandai dengan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh hal-hal berikut.

  1. Melemahnya nilai tukar rupiah.
  2. Tidak mengalami pertumbuhan ekonomi.
  3. Memburuknya kondisi moneter di Indonesia.
  4. Utang luar negeri yang sangat besar.
  5. Penyimpangan sistem perekonomian Pancasila.
  6. Berkembangnya politik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
  7. Pemerintahan dijalankan secara sentralisasi.

Jadi, tanda-tanda terjadinya krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1997 adalah nilai tukar rupiah melemah, tidak ada pertumbuhan ekonomi, memburuknya kondisi moneter, dan lain-lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut ini adalah dampak terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1997, kecuali....

Pembahasan Soal:

Krisis moneter membawa dampak yang kurang baik bagi negara yang tertimpa krisis. Hal ini disebabkan Karena kurs nilai tukar valas, khususnya dolar AS yang tinggi. Sehingga nilai mata uang jatuh. Dengan kejadian itu, banyak perusahaan yang terpaksa menghentikan karyawannya dengan alasan tidak dapat membayar upah. Selain itu pemerintah kesulitan menutup APBN. Harga barang naik cukup tinggi, sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok. Utang luar negeri melonjak dan harga bbm yang terus naik. Disaat krisis banyak perusahaan yang meminjam uang pada perusahaan negara asing dengan bunga tinggi.

Jadi, jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Dampak signifikan dari peristiwa Malari sangat terasa dalam jalannya pemerintahan. Hal yang dilakukan oleh Soeharto sebagai Kepala Negara adalah .…

Pembahasan Soal:

Peristiwa Malapetaka 15 Januari mengakibatkan, 522 buah mobil dirusak dengan 269 di antaranya dibakar, 137 buah motor dirusak (94 buah dibakar), 5 buah bangunan dibakar ludes, termasuk 2 blok proyek pasar Senen bertingkat 4. Serta gedung milik PT Astra di Jalan Sudirman, dan 113 buah bangunan lainnya dirusak, dan yang paling penting tercatat sebelas orang tewas dan 300 lainnya luka-luka. Seusai terjadi demonstrasi yang disertai kerusuhan, pembakaran, dan penjarahan, Soeharto mengambil langkah tegas dengan langsung memberhentikan Soemitro sebagai Panglima Kopkamtib, Jabatan Asisten Pribadi Presiden juga dibubarkan. Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara Soetopo Juwono juga digantikan. undefined 

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah Dundefined 

0

Roboguru

Presiden Soeharto mengumumkan pemberhentian dirinya pada....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1998 terjadi berbagai aksi demonstrasi di Indonesia yang disebabkan oleh krisis yang melanda Indonesia. Krisis-krisis tersebut meliputi krisis ekonomi, politik, hukum, dan lain-lain. Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia melakukan aksi demonstrasi yang menuntut mundurnya presiden Suharto dari jabatannya. Melihat hal tersebut, presiden Suharto berusaha untuk mempertahankan posisinya dengan membentuk kabinet Reformasi Pembangunan. Namun, pembentukan kabinet ini mengalami kegagalan akibat penolakan dari tokoh-tokoh yang ditunjuknya menjadi menteri. Panglima ABRI juga telah memberi masukan agar Suharto segera mengundurkan diri demi kepentingan bangsa. Karena sudah tidak mendapatkan dukungan dari semua pihak, akhirnya presiden Suharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998. Peristiwa pengunduran diri presiden Soeharto tersebut menandai berakhirnya pemerintahan Orde Baru yang berlangsung selama 32 tahun dan menjadi awal masa reformasi di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dalam sejarahnya, setelah pelaksanaan Pemilu 1971 pemerintah Orde Baru membentuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Tujuannya adalah .…

Pembahasan Soal:

Pada 27 Februari 1970, Soeharto beberapa kali mengundang pimpinan lima partai politik, yaitu PNI (Partai Nasional Indonesia), Parkindo (Partai Kristen Indonesia), Partai Katolik, IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia), dan Murba, namun tidak kunjung menemukan titik temu. Setelah melalui proses yang panjang lewat beberapa pertemuan, bertempat di Kantor Sekretariat PNI di Jalan Salemba Raya 73 Jakarta,  pada 10 Januari 1973, lima parpol ini sepakat melebur menjadi satu wadah bernama Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Deklarasi ini ditandatangani oleh wakil kelima partai, yaitu M. Isnaeni dan Abdul Madjid (PNI), A. Wenas dan Sabam Sirait Parkindo), Beng Mang Rey Say dan FX Wignyosumarsono (Partai Katolik), S. Murbantoko R. J. Pakan dan  Achmad Sukarmadidjaja (Partai Murba), dan Drs. M. Sadri (IPKI). PDI merupakan fusi dari partai nasionalis dan non Islam.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved