Roboguru

Larutan urea CO(NH2​)2​ dan larutan asam klorida (HCI) diuji dengan menggunakan alat uji elektrolit. Lampu alat uji tidak menyala bila electrode dicelupkan ke larutan urea juga tidak timbul gelembung gas, sedangkan bila elektrode dicelupkan ke dalam larutan HCl maka lampu menyala dan timbul banyak gelembung. Mengapa kedua larutan tersebut memberikan hasil yang berbeda pada alat uji?

Pertanyaan

Larutan urea begin mathsize 14px style C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 end style dan larutan asam klorida (HCI) diuji dengan menggunakan alat uji elektrolit. Lampu alat uji tidak menyala bila electrode dicelupkan ke larutan urea juga tidak timbul gelembung gas, sedangkan bila elektrode dicelupkan ke dalam larutan HCl maka lampu menyala dan timbul banyak gelembung. Mengapa kedua larutan tersebut memberikan hasil yang berbeda pada alat uji?

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji dan timbulnya gelembung gas dalam larutan. Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik sehingga tidak dapat menyalakan lampu pada alat uji atau serta tidak bisa menimbulkan gelembung gas dalam larutan. Hal tersebut karena pada larutan tidak terdapat ion-ion.

Larutan urea ketika diuji tidak dapat menyalakan lampu serta tidak timbul gelembung gas karena urea merupakan larutan non elektrolit, sedangkan HCl dapat menyalakan lampu serta banyak gelembung gas ketika diuji karena HCl adalah larutan elektrolit (kuat) yang dapat menghasilkan ion-ion di dalam larutannya.undefined

Jadi, alasan kenapa kedua larutan memberikan hasil uji yang berbeda karena urea adalah larutan non elektrolit sedangkan HCl adalah larutan elektrolit kuat.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

R. Harmiasri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Percobaan pengujian larutan dengan uji alat elektrolit didapatkan hasil sebagai berikut. Berdasarkan data di atas golongkan manakah yang termasuk larutan elektrolit dan non elektrolit serta larutan...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved