Iklan

Iklan

Pertanyaan

Larutan basa memiliki nilai pH lebih dari 7. Larutan basa terdiri atas basa kuat dan basa lemah. Contoh basa kuat adalah ... (Minimal 5 contoh)

Larutan basa memiliki nilai pH lebih dari 7. Larutan basa terdiri atas basa kuat dan basa lemah. Contoh basa kuat adalah ... (Minimal 5 contoh) 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh basa kuat adalahLiOH, NaOH, KOH, RbOH, .

contoh basa kuat adalah LiOH, NaOH, KOH, RbOH, Ca bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Ba bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Mg bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Sr bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan derajat keasamannya, larutan dibedakan menjadi larutan asam dan larutan basa. Larutan basa adalah larutan yang nilai pH (derajat keasaman) di atas 7. Basa terdiri dari basa kuat dan basa lemah yang dibedakan berdasarkan kemampuannya terionisasinya dalam air. Basa kuat merupakan basa yang jika dilarutkan di dalam air akan terurai secara sempurna atau akan mengalami ionisasi secara sempurna, dengan kata lain derajat ionisasinya ( ) sama dengan 1. Misalnya sejumlah senyawa basa NaOH dilarutkan dalam air, maka semua senyawa NaOH akan terurai menjadi ion dan ion . Senyawa basa yang dibentuk dari logam golongan IA dan IIA adalah basa kuat kecuali Be.Contohnya: LiOH, NaOH, KOH, RbOH, . Jadi, contoh basa kuat adalahLiOH, NaOH, KOH, RbOH, .

Berdasarkan derajat keasamannya, larutan dibedakan menjadi larutan asam dan larutan basa. Larutan basa adalah larutan yang nilai pH (derajat keasaman) di atas 7. Basa terdiri dari basa kuat dan basa lemah yang dibedakan berdasarkan kemampuannya terionisasinya dalam air. Basa kuat merupakan basa yang jika dilarutkan di dalam air akan terurai secara sempurna atau akan mengalami ionisasi secara sempurna, dengan kata lain derajat ionisasinya (alpha) sama dengan 1. Misalnya sejumlah senyawa basa NaOH dilarutkan dalam air, maka semua senyawa NaOH akan terurai menjadi ion Na to the power of plus sign dan ion Cl to the power of minus sign

Senyawa basa yang dibentuk dari logam golongan IA dan IIA adalah basa kuat kecuali Be. Contohnya: LiOH, NaOH, KOH, RbOH, Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 comma space Ba open parentheses O H close parentheses subscript 2 comma space Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 comma space Sr open parentheses O H close parentheses subscript 2.

Jadi, contoh basa kuat adalah LiOH, NaOH, KOH, RbOH, Ca bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Ba bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Mg bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2 bold comma bold space Sr bold open parentheses O H bold close parentheses subscript bold 2.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa asam dan basa kuat disebut elektrolit kuat? Jelaskan!

16

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia