Iklan

Iklan

Pertanyaan

Larutan asam sulfat pekat termasuk salah satu bahan kimia berbahaya. Umumnya larutan tersebut dikemas dalam botol kaca berwarna hitam dan diberi label seperti tampak pada gambar di bawah. Simbol ini menunjukkan bahwa larutan asam sulfat pekat bersifat ....

Larutan asam sulfat pekat termasuk salah satu bahan kimia berbahaya. Umumnya larutan tersebut dikemas dalam botol kaca berwarna hitam dan diberi label seperti tampak pada gambar di bawah.


 


Simbol ini menunjukkan bahwa larutan asam sulfat pekat bersifat ....

  1. mudah terbakar jika didekatkan dengan sumber api

  2. radioaktif sehingga tidak boleh mengenai tubuh

  3. dapat menimbulkan iritasi, gatal-gatal dan luka bakar pada kulit

  4. dapat menyebabkan kulit melepuh jika mengenai jaringan tubuh

  5. dapat menimbulkan ledakan jika mengalami guncangan atau gesekan

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Simbol bahan kimia pada gambar di bawah ini menunjukan bahwa suatu bahan tersebut bersifat korosif dan dapat merusak jaringan hidup. Karakteristik zat dengan sifat ini umumnya bisa dilihat dari tingkat keasamaannya. pH dari bahan bersifat korosif lazimnya berkisar< 2 atau >11,5. Contoh bahan dengan simbol tersebutmisalnya asam sulfat, asam klorida, asam nitrat. Jangan menghirup uap dari bahan ini, jangan pulakontak langsung dengan mata dan kulit Anda karena dapat menyebabkaniritasi (terbakar) pada kulit, kerusakan pada mata dan sistem pernafasan. Selain hal-hal tersebut, zat yang bersifatkorosifjuga menyebabkan proses perkaratan pada logam. Berdasarkan penjelasan tersebut, simbol bahaya pada larutanasam sulfat yang benar adalahdapat menyebabkan kulit melepuh jika mengenai jaringan tubuh. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Simbol bahan kimia pada gambar di bawah ini menunjukan bahwa suatu bahan tersebut bersifat korosif dan dapat merusak jaringan hidup.

Karakteristik zat dengan sifat ini umumnya bisa dilihat dari tingkat keasamaannya. pH dari bahan bersifat korosif lazimnya berkisar < 2 atau >11,5. Contoh bahan dengan simbol tersebut misalnya asam sulfat, asam klorida, asam nitrat. Jangan menghirup uap dari bahan ini, jangan pula kontak langsung dengan mata dan kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi (terbakar) pada kulit, kerusakan pada mata dan sistem pernafasan. Selain hal-hal tersebut, zat yang bersifat korosif juga menyebabkan proses perkaratan pada logam. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, simbol bahaya pada larutan asam sulfat yang benar adalah dapat menyebabkan kulit melepuh jika mengenai jaringan tubuh.undefined

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space  
 

Latihan Bab

Hakikat Ilmu Kimia

Materi dan Klasifikasinya

Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan

Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan senyawa kimia yang memiliki sifat mudah terbakar adalah...

202

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia