Roboguru

Larik bermajas pada puisi tersebut ditandai dengan nomor ....

Pertanyaan

Larik bermajas pada puisi tersebut ditandai dengan nomor ....undefined 

  1. (1) dan (2)undefined 

  2. (1) dan (3)undefined 

  3. (1) dan (4)undefined 

  4. (2) dan (4)undefined 

Pembahasan Soal:

Pengertian puisi secara umum adalah sebuah karya sastra yang mengandung unsur irama, rima, diksi, lirik, dan menggunakan kata kiasan dalam setiap baitnya untuk menciptakan estetika bahasa yang padu dan berfungsi sebagai pengungkapan suatu pikiran atau perasaan. 

Gaya bahasa dalam puisi adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam bahasa tertentu untuk memperoleh efek-efek yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis. Gaya bahasa merupakan cara penyair dalam mengungkapkan pemikirannya melalui bahasa-bahasa yang khas dan bermakna kiasan. Kiasan atau majas yang dapat digunakan di antaranya personifikasi, metafora, hiperbola, ironi dan litotes.

Larik bermajas pada puisi tersebut ditandai dengan nomor (1) dan (4). Larik (1) dan (4) sama-sama menggunakan majas personifikasi, yaitu gaya bahasa yang menganalogikan atau mengibaratkan sesuatu benda mati layaknya manusia atau benda hidup. Pada larik (1) disebutkan bahwa rembulan berjalan di atas bumi pertiwi, sedangkan pada larik (4) disebutkan bahwa rembulan tersenyum. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 01 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved