Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lapisan tanah paling bawah yangmengandung bahan induk, seperti batuandasar yang melapuk atau sedimen yangbelum memadat disebut horizon ....

Lapisan tanah paling bawah yang mengandung bahan induk, seperti batuan dasar yang melapuk atau sedimen yang belum memadat disebut horizon ....space 

  1. Aspace 

  2. Dspace 

  3. Ospace 

  4. Cspace 

  5. Bspace 

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Jawabanbenar pada soal ini adalah D. Berikut adalah penjelasannya. Tanah merupakan material yang terbentuk dari komponen padat, cair, dan gas yang berasal dari proses penghancuran batuan yang telah lapuk. Dalam tanah terdapat lapisan-lapisan atau disebut pula dengan horizon tanah. Penjelasannya adalah sebagai berikut. Horizon O, merupakan tanah yang terdiri atas material organik berupa daun-daun yang jatuh dan lain sebagainya. Horizon A, merupakan lapisantanah atas (topsoil) yang mengandung material organik dan berwarna gelap dan mengandung butiran mineral. Pada lapisan ini, terdapat lapisanHorizon E yaitulapisan yang sudahkehilangan sebagian kandungan mineralnya. Horizon B, merupakan lapisan tanah yang mengandung sedikit material organik yang terdiri atas bahan induk berupa batuan dasar yang melapuk atau disebut juga dengan sedimen yang belum memadat. Horizon C, merupakan lapisan tanah paling bawah yang mengandung bahaninduk berupa batuan dasar yang melapuk atau sedimenyang belum memadat. Horizon D atau R, merupakan lapisan tanah paling dasar atau paling bawah yang mengandungtanah berupa batuan dan belum mengalami pelapukan. Gambar lapisan tanah atau horizon tanah adalah sebagai berikut. Berdasarkan penjelasan tersebut, lapisan tanah paling bawah yang mengandung bahan induk seperti batuan dasar yang melapuk atau sedimen yang belum memadat adalah horizon C. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Jawaban benar pada soal ini adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Tanah merupakan material yang terbentuk dari komponen padat, cair, dan gas yang berasal dari proses penghancuran batuan yang telah lapuk. Dalam tanah terdapat lapisan-lapisan atau disebut pula dengan horizon tanah. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Horizon O, merupakan tanah yang terdiri atas material organik berupa daun-daun yang jatuh dan lain sebagainya.
  2. Horizon A, merupakan lapisan tanah atas (topsoil) yang mengandung material organik dan berwarna gelap dan mengandung butiran mineral. Pada lapisan ini, terdapat lapisan Horizon E yaitu lapisan yang sudah kehilangan sebagian kandungan mineralnya. 
  3. Horizon B, merupakan lapisan tanah yang mengandung sedikit material organik yang terdiri atas bahan induk berupa batuan dasar yang melapuk atau disebut juga dengan sedimen yang belum memadat.
  4. Horizon C, merupakan lapisan tanah paling bawah yang mengandung bahan induk berupa batuan dasar yang melapuk atau sedimen yang belum memadat. 
  5. Horizon D atau R, merupakan lapisan tanah paling dasar atau paling bawah yang mengandung tanah berupa batuan dan belum mengalami pelapukan.

Gambar lapisan tanah atau horizon tanah adalah sebagai berikut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, lapisan tanah paling bawah yang mengandung bahan induk seperti batuan dasar yang melapuk atau sedimen yang belum memadat adalah horizon C.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

387

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penampang tanah berikut ! Lapisan tanah regolit pada gambar di atas ditunjukkan nomor....

164

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia