Roboguru

Lapisan Sima dan Sial merupakan penyusun lapisan kerak bumi. Perbedaan antara lapisan tersebut ditunjukkan oleh pernyataan ....

Pertanyaan

Lapisan Sima dan Sial merupakan penyusun lapisan kerak bumi. Perbedaan antara lapisan tersebut ditunjukkan oleh pernyataan .... 

  1. terdapat aluminium pada lapisan Sima 

  2. terdapat tembaga pada lapisan Sima 

  3. lapisan Sial merupakan lapisan paling tipis 

  4. lapisan Sial mengandung besi 

  5. kedua lapisan mengandung bijih besi 

Pembahasan Soal:

Lapisan Sima merupakan bagian dari interior Bumi yang terletak dibawah lapisan Kerak Bumi (Earth Crust). Lapisan Sima memiliki ketebalan mencapai 2900 Km, dibawah lapisan Sima terdapat lapisan Nife yang mengacu pada inti luar dan inti dalam Bumi dengan ketebalan mencapai 5100 Km. Sedangkan lapisan interior bumi paling atas disebut lapisan Sial yang mengacu pada kerak bumi (Earth Crust) dengan ketebalan kurang dari 100 Km. Nama Sial, Sima, dan Nife diperoleh dari material penyusun utama ketiga lapisan tersebut yaitu Silica Allumunium untuk lapisan Sial, Silica Magnesium untuk lapisan Sima, dan Nikel untuk lapisan Nife.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan sifat - sifat lithosfer...

Pembahasan Soal:

Berikut sifat - sifat litosfer , yaitu

  1. Litosfer merupakan lapisan terluar dari bumi yang berupa benda padat dengan ketebalan rata-rata 70 km dan berat jenisnya 2,8 gram/cm3.
  2. Kerak bumi terdiri atas kerak daratan dan kerak lautan dan tersusun dari bermacam-macam batuan dengan ketebalan yang berbeda-beda.
  3. Lapisan litosfer bersifat dinamis tidak statis

0

Roboguru

Lapisan kulit bumi yang berupa magma padat dan terdiri atas inti besi dan nikel adalah ....

Pembahasan Soal:

Bumi tersusun dari lapisan-lapisan yang ketebalan dan karakteristiknya berbeda-beda. Salah satu lapisan penyusun Bumi adalah barisfer. Barisfer adalah lapisan Bumi yang paling dalam atau dikenal juga dengan inti Bumi. Lapisan barisfer atau inti bumi tersusun dari lapisan nikel dan besi dengan suhu yang sangat tinggi dalam bentuk magma padat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Lapisan kulit bumi yang berupa magma padat dan terdiri atas inti besi dan nikel adalah ...

Pembahasan Soal:

Lapisan-lapisan kulit bumi adalah sebagai berikut.

  • Kerak Bumi
    Kerak Bumi merupakan lapisan terluar yang tipis dibandingkan lapisan lainnya. Lapisan ini terdiri dari unsur-unsur kimia seperti oksigen, silikon, aluminium, besi, kalsium, natrium, kalium, dan magnesium. Terdapat dua macam lapisan kerak Bumi, yaitu kerak benua di daratan dan kerak samudera di dasar laut. Kerak benua memiliki ketebalan 30 hingga 70 kilometer, sementara kerak samudera memiliki ketebalan 6 hingga 11 kilometer.
  • Mantel Bumi
    Lapisan di bawah kerak adalah mantel. Mantel Bumi merupakan lapisan yang paling tebal dengan ketebalan mencapai 2.900 kilometer. Mantel Bumi juga disebut sebagai lapisan astenosfer karena berfungsi untuk melindungi inti Bumi.
  • Inti Bumi/ Barisfer
    Inti Bumi merupakan lapisan yang paling dalam. Inti Bumi dibagi menjadi dua, yaitu lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar terletak di kedalaman 2.890 hingga 5.150 kilometer di bawah permukaan Bumi. Unsur penyusun utamanya adalah besi dan nikel. Suhu di inti luar sekitar 4.000 hingga 5.000 derajat Kelvin. Sementara itu, lapisan inti dalam berada di pusat dan merupakan bagian terpanas dari planet yang kita tinggali ini. Lapisan ini terdapat di kedalaman 5.150 hingga 6.370 kilometer. Inti dalam juga tersusun atas besi dan nikel, tapi disertai belerang, karbon, oksigen, silikon, dan kalium dalam persentase kecil. Suhunya dapat mencapai 5.500 derajat Kelvin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

berdasarkan urutannya, struktur bumi terdiri atas....

Pembahasan Soal:

Struktur bumi terdiri atas inti bumi, mantel bumi, dan kerak bumi. Inti bumi adalah lapisan paling dalam bumi yang bersifat sangat panas. Sementara, kerak bumi adalah lapisan terluar bumi, yang juga merupakan tempat di mana manusia dan makhluk hidup lainnya tinggal. Jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Litosfer adalah bumi yang terletak di bagian atas lapisan perantara. Lapisan ini terdiri atas dua lapisan sial dan lapisan sima. Pada lapisan sial yang tersusun atas unsur silikon dan aluminium memili...

Pembahasan Soal:

Pada pertanyaan ini, kalian diminta untuk menjawab pertanyaan tentang kedalaman lapisan sial atau silicon dan alumunium. Jawaban yang tepat pada soal ini adalah lapisan sial memiliki ketebalan sebesar 35 km. sedangkan lapisan sima atau silicon magnesium memiliki kedalaman sebesar 65 km. oleh karena itu, jawaban yang benar adalah opsi b.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved