Pertanyaan

Lapisan inti bumi sangat padat meskipun memiliki suhu tinggi. Hal tersebut sangat wajar mengingat fungsinya untuk ….

Lapisan inti bumi sangat padat meskipun memiliki suhu tinggi. Hal tersebut sangat wajar mengingat fungsinya untuk …. 

  1. memberikan pancaran energiundefined 

  2. menjadi lapisan paling luarundefined 

  3. melindungi bumi dari kerusakanundefined 

  4. menahan seluruh masa bumiundefined 

  5. membuat kestabilan pada gravitasi bumiundefined 

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Setiap lapisan harus menahan seluruh massa diatasnya, sehingga tekanannya menjadi lebih tinggi. Jadi antara lapisan udara paling bawah yang dekat dengan permukaan bumi, dengan lapisan udara paling atas yang dekat dengan luar angkasa sudah pasti yang bawah akan lebih besar tekanannya. Begitu juga lapisan air laut, bagian dasar air laut tekanannya jadi lebih tinggi dibandingkan permukaan air laut karena ia harus menahan seluruh massa air diatasnya, bahkan ditambah juga massa lapisan udara diatasnya. Hal ini juga berlaku hingga ke kerak bumi, mantel, lalu inti. Karena posisinya yang paling bawah, akibatnya inti bumi tekanannya sangat tinggi . Tekanan yang sangat tinggi membuat atom-atom inti bumi dalam tidak bisa bergerak. Kondisi atom tidakbergerak inilah yang disebut padat. Oleh karenanya, inti bumi dalam wujudnya padat, meskipun suhunya sangat tinggi karena adanya tekanan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Setiap lapisan harus menahan seluruh massa diatasnya, sehingga tekanannya menjadi lebih tinggi. Jadi antara lapisan udara paling bawah yang dekat dengan permukaan bumi, dengan lapisan udara paling atas yang dekat dengan luar angkasa sudah pasti yang bawah akan lebih besar tekanannya. Begitu juga lapisan air laut, bagian dasar air laut tekanannya jadi  lebih tinggi dibandingkan permukaan air laut karena ia harus menahan seluruh massa air diatasnya, bahkan ditambah juga massa lapisan udara diatasnya. Hal ini juga berlaku hingga ke kerak bumi, mantel, lalu inti. Karena posisinya yang paling bawah, akibatnya inti bumi tekanannya sangat tinggi. Tekanan yang sangat tinggi membuat atom-atom inti bumi dalam  tidak bisa bergerak. Kondisi atom tidak bergerak inilah yang disebut padat. Oleh karenanya, inti bumi dalam wujudnya padat, meskipun suhunya sangat tinggi karena adanya tekanan.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

36

Iklan

Pertanyaan serupa

Lapisan bumi yang terdapat di bawah litosfer dan jauh lebih panas serta lebih cair daripada litosfer merupakan lapisan ….

68

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia