Roboguru

Lampu yang terpasang pada alat uji larutan elektrolit tidak menyala ketika menguji 50 mL aquades yang terdapat di dalam gelas beaker. Akan tetapi, setelah aquades tersebut ditambahkan 10 mL larutan X, lampu dapat menyala dengan terang. Kemungkinan larutan X yang ditambahkan ke dalam aquades tersebut adalah...

Pertanyaan

Lampu yang terpasang pada alat uji larutan elektrolit tidak menyala ketika menguji 50 mL aquades yang terdapat di dalam gelas beaker. Akan tetapi, setelah aquades tersebut ditambahkan 10 mL larutan X, lampu dapat menyala dengan terang. Kemungkinan larutan X yang ditambahkan ke dalam aquades tersebut adalah... 

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik. Ketika diuji menggunakan alat uji elektrolit, lampu akan menyala menandakan adanya aliran elektron (aliran listrik) dari zat yang diuji. Ketika aquades (air suling) dalam gelas beaker diuji, lampunya tidak menyala mengindikasikan sangat sedikit sekali atau bahkan tidak ada aliran listrik yang terjadi.

Jika kedalam aquades tersebut ditambahkan larutan X yang ternyata menyebabkan lampu menyala, maka larutan X merupakan larutan elektrolit. Nyala lampu yang terang juga menandakan bahwa daya hantar listriknya sangat baik atau disebut dengan larutan elektrolit kuat. Contoh larutan elektrolit kuat adalah garam-garaman (seperti NaCl, KCl), asam kuat (seperti HCl, HBr), dan basa kuat (seperti NaOH, KOH).

Jadi, kemungkinan larutan X adalah larutan elektrolit kuat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana cara membedakan larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan non elektrolit?

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit kuat merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik, karena larutan ini dapat mengion sempurna (begin mathsize 14px style alpha equals 1 end style). Sehingga jika diuji dengan alat uji elektrolit akan dihasilkan nyala lampu yang terang dan gelembung gas yang banyak.

Larutan elektrolit lemah merupakan larutan yang hanya terion sebagian sehingga daya hantarnya kurang kuat. Jika diuji menggunakan alat uji elektrolit, nyala lampunya akan redup dan gelembung gasnya sedikit, atau lampunya padam namun ada gelembung gas, atau bisa juga gelembung gasnya tidak ada namun lampu menyala redup.

Sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang sama sekali tidak dapat menghantarkan listrik karena tidak terion dalam air. Sehingga pada uji coba elektrolit larutan ini tidak menyalakan lampu dan tidak menghasilkan gelembung gas.

Jadi, membedakan larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit adalah dari nyala lampu dan gelembung gasnya pada ala uji elektrolit.

0

Roboguru

Berdasarkan data percobaan daya hantar listrik beberapa larutan berikut ini, yang merupakan pasangan elektrolit kuat dan elektrolit lemah berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Daya hantar beberapa larutan dapat diketahui dari eksperimen. Berdasarkan eksperimen jenis larutan dapat dilihat dari nyala lampu dan gelembung gas. undefined 

  • Larutan yang menimbulkan nyala terang dan terjadi banyak gelembung gas disebut kelompok elektrolit kuat,
  • Larutan yang tidak menimbulkan nyala atau redup tetapi terjadi sedikit gelembung gas disebut kelompok elektrolit lemah 
  • Larutan yang tidak menimbulkan nyala dan tidak terjadi gelembung gas disebut kelompok nonelektrolit.

Sehingga, pasangan elektrolit kuat dan elektrolit lemah di antara larutan pada tabel yaitu larutan D dan E, sebab larutan D memiliki ciri-ciri larutan elektrolit kuat yaitu nyala lampu terang serta terdapat banyak gelembung gas, sedangkan larutan E memiliki ciri-ciri larutan elektroilit lemah yaitu nyala lampu tidak menyala dan terdapat sedikit gelembung gas.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

1

Roboguru

Dua larutan A dan B diuji dengan alat uji elektrolit. Lampu alat uji menyala ketika menguji larutan A sedangkan ketika larutan B diuji lampu tidak menyala, tetapi ada gelembung-gelembung gas pada elek...

Pembahasan Soal:

Pada percobaan elektrolit, tiap larutan akan menghasilkan sebagai berikut:

 

Berdasarkan hasil pengamatan, larutan A merupakan larutan elektrolit kuat karena menghasilkan lampu menyala dan terdapat gelembung gas. Larutan B merupakan larutan elektrolit lemah karena menghasilkan lampu tidak menyala dan terdapat gelembung gas. Larutan elektrolit kuat mempunyai jumlah ion yang lebih bayak dibandingkan dengan larutan elektrolit lemah.

Oleh karena itu, pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah ion pada larutan A > jumlah ion pada larutan B.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Perhatikan sifat-sifat berikut: a. Konduktor b. Menyalakan lampu redup c. Tidak dapat terurai menjadi ion-ion d. Pada kedua elektroda terdapat banyak gelembung gas e. Merupakan senyawa kovalen polar ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kemampuan larutan dalam menghantarkan listrik, maka larutan dikelompokkan menjadi larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit. Perbedaan ketiga larutan tersebut disajikan pada tabel di bawah ini:


 


Garam dapur merupakan contoh dari larutan yang bersifat elektrolit kuat. Sifat-sifat dari larutan garam dapur beberapa di antaranya adalah:

a. Konduktor
b. Menyalakan lampu dengan terang
c. Dapat terurai menjadi ion-ion
d. Pada kedua elektroda terdapat banyak gelembung gas
e. Merupakan senyawa ion
f. Harga begin mathsize 14px style alpha end style = 1


Jadi, sifat-sifat garam dapur yang benar sesuai poin a, d dan f.undefined 

0

Roboguru

Hasil percobaan daya hantar listrik beberapa larutan menghasilkan data sebagai berikut. Larutan yang tergolong elektrolit adalah larutan nomor ....

Pembahasan Soal:

Larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih zat. Zat terlarut adalah zat yang jumlahnya lebih sedikit. Pelarut adalah zat yang jumlahnya lebih banyak. Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan terbagi menjadi:

  1. Larutan elektrolit
    Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena larutan tersebut tersusun atas ion-ion yang bergerak bebas. Larutan elektrolit terbagi dua, larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
    Larutan elektrolit kuat mempunyai ciri lampu terang dan terdapat banyak gelembung di elektrode.
    Larutan elektrolit lemah mempunyai ciri lampu redup dan terdapat sedikit gelembung di elektrode.
  2. Larutan nonelektrolit
    Laritan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena larutan tersebut tersusun atas molekul yang tidak bergerak bebas.

Pada percobaan elektrolit di atas, larutan 1 dan 5 merupakan larutan elektrolit kuat sedangkan larutan 3 merupakan elektrolit lemah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved