Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lampu alat penguji elektrolit tidak menyala ketika elektrodanya dicelupkan ke dalam larutan asam cuka, tetapi pada elektroda tetap terbentuk gelembung gas. Mengapa demikian?

Lampu alat penguji elektrolit tidak menyala ketika elektrodanya dicelupkan ke dalam larutan asam cuka, tetapi pada elektroda tetap terbentuk gelembung gas. Mengapa demikian?space 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kekuatan larutan asam cuka untuk menghantarkan listrik dari baterai menuju bola lampu sangat lemah. Namun pada elektroda terdapat gelembung gas yang menandakan adanya ion-ion dalam larutan.

kekuatan larutan asam cuka untuk menghantarkan listrik dari baterai menuju bola lampu sangat lemah. Namun pada elektroda terdapat gelembung gas yang menandakan adanya ion-ion dalam larutan.

Iklan

Pembahasan

Larutan asam cuka merupakan elektrolit lemah dimana dalam larutan terdapat sedikit ion-ion yang bergerak bebas. Hal tersebut menyebabkan terbentuknya gelembung gas pada uji nyala lampu. Percobaan nyala lampu dilakukan untuk mengidentifikasi daya hantar listrik suatu larutan. Jika terdapat gelembung gas pada elektroda sedangkan lampu tidak menyala, maka larutan tersebut merupakan elektrolit lemah. Larutan asam cuka merupakan elektrolit lemahyang terionisasi sebagian sehingga hanya sedikit ion-ion yang bergerak bebas. Oleh karena itu, kekuatan larutan asam cuka untuk menghantarkan listrik dari baterai menuju bola lampu sangat lemah. Namun pada elektroda terdapat gelembung gas yang menandakan adanya ion-ion dalam larutan.

Larutan asam cuka merupakan elektrolit lemah dimana dalam larutan terdapat sedikit ion-ion yang bergerak bebas. Hal tersebut menyebabkan terbentuknya gelembung gas pada uji nyala lampu.

Percobaan nyala lampu dilakukan untuk mengidentifikasi daya hantar listrik suatu larutan. Jika terdapat gelembung gas pada elektroda sedangkan lampu tidak menyala, maka larutan tersebut merupakan elektrolit lemah.

Larutan asam cuka merupakan elektrolit lemah yang terionisasi sebagian sehingga hanya sedikit ion-ion yang bergerak bebas. Oleh karena itu, kekuatan larutan asam cuka untuk menghantarkan listrik dari baterai menuju bola lampu sangat lemah. Namun pada elektroda terdapat gelembung gas yang menandakan adanya ion-ion dalam larutan.

Latihan Bab

Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

Elektrolit

Nonelektrolit

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

821

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah kesimpulan dari data berikut ini.

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia