Pertanyaan

Cermatilah kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d. 16! · 


Pada tahun 1997, ia sudah mulai mengenal pemprograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya. Kecerdasan Achmad Zaky tak terbantahkan dan membawanya diterima di kampus ternama di Indonesia yaitu lnstitut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Ia mengambil jurusan Teknik lnformatika dan memiliki riwayat akademik yang luar biasa dengan berhasil meraih IP 4.00 pada semester satu. 

Sumber: https:/lwww. biografiku.com/2016/09/biografi-dan-profi/-achmad-zaky-kisah-pendiri-bukalapak.htmlspace 

Kutipan biografi di atas merupakanstruktur biografi bagian ...

Kutipan biografi di atas merupakan struktur biografi bagian ...space 

  1. rangkaian peristiwaspace 

  2. sudut pandangspace 

  3. orientasispace 

  4. reorientasispace 

  5. eksposisispace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani banyak orang. Penulisan kisah hidup tokoh mencakup permasalahan yang pernah dihadapi maupun kelebihan-kelebihan tokoh yang dapat menginspirasi. Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu: Orientasi, merupakan bagian awal dari teks biografi . Bagian ini mencakup pengenalan tokoh dan latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya.Orientasi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi dasar mengenai peristiwa yang diceritakan. Bagian ini juga merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci. Peristiwa penting atau rangkaian peristiwa, merupakan bagian yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa, yaitu kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Bagian ini disusun secara kronologis sesuai urutan waktu. Terkadang, penulis juga menyertakan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologi peristiwa. Bagian ini merupakan inti dari teks biografi karena pada bagian inilah pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup tokoh. Reorientasi, yaitu bagian ini berisi komentar atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Reorientasi berperan sebagai penutup pada teks biografi dan bersifat opsional. Bagian ini memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa yang telah diceritakan dan memahami alasan tokoh tersebut patut dijadikan teladan bagi banyak orang. Berdasarkan kutipan: Pada tahun 1997, ia sudah mulai mengenal pemprograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya. Kutipan tersebut merupakan kalimatpertama dari cuplikan teks biografi yang disajikan. Berdasarkan teks tersebut dapat dilihat bahwa isi dari cuplikan yang disajikan adalah rangkain peristiwa yang dialami tokoh. Rangkaian peristiwa yang disajikan diawali dengan tokoh yang telahmulai mengenal pemprograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya pada tahun 1997. Setelah peristiwa tersebut, disampaikan bahwa tokoh diterima di Institut Tekhnologi Bandung riwayat akademik yang luar biasa. Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan biografi tersebut merupakan struktur biografi bagian rangkaian peristiwa. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani banyak orang. Penulisan kisah hidup tokoh mencakup permasalahan yang pernah dihadapi maupun kelebihan-kelebihan tokoh yang dapat menginspirasi. 

Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  1. Orientasi, merupakan bagian awal dari teks biografi . Bagian ini mencakup pengenalan tokoh dan latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya. Orientasi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi dasar mengenai peristiwa yang diceritakan. Bagian ini juga merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci.
  2. Peristiwa penting atau rangkaian peristiwa, merupakan bagian yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa, yaitu kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Bagian ini disusun secara kronologis sesuai urutan waktu. Terkadang, penulis juga menyertakan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologi peristiwa. Bagian ini merupakan inti dari teks biografi karena pada bagian inilah pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup tokoh.
  3. Reorientasi, yaitu bagian ini berisi komentar atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Reorientasi berperan sebagai penutup pada teks biografi dan bersifat opsional. Bagian ini memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa yang telah diceritakan dan memahami alasan tokoh tersebut patut dijadikan teladan bagi banyak orang.

Berdasarkan kutipan:
Pada tahun 1997, ia sudah mulai mengenal pemprograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya.

Kutipan tersebut merupakan kalimat pertama dari cuplikan teks biografi yang disajikan. Berdasarkan teks tersebut dapat dilihat bahwa isi dari cuplikan yang disajikan adalah rangkain peristiwa yang dialami tokoh. Rangkaian peristiwa yang disajikan diawali dengan tokoh yang telah mulai mengenal pemprograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya pada tahun 1997. Setelah peristiwa tersebut, disampaikan bahwa tokoh diterima di Institut Tekhnologi Bandung riwayat akademik yang luar biasa.

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan biografi tersebut merupakan struktur biografi bagian rangkaian peristiwa.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

696

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat di atas merupakan salah satustruktur autobiografi bagian ...

489

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia