Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 15-18 Potret Pendidikan Indonesia Sektor pendidikan di Indonesia mendapat angin segar. Pemerintah telah menganggarkan 20% APBN untuk bidang pendidikan. Kondisi tersebut membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia memiliki sistem cukup baik. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan di lapangan masih jauh dari ketentuan yang berlaku, misalnya penyelenggaraan Ujian Nasional. Ujian Nasional yang telah disusun dengan baik sering menemui kendala di lapangan. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional sering ditemukan kejadian-kejadian yang tidak seharusnya terjadi. Kejadian yang dilakukan oleh para oknum yang berkecimpung di dunia pendidikan. Kejadian tersebut mencoreng dunia pendidikan. Pelaksanaan Ujian Nasional merupakan pekerjaan rumah yang terus bertambah dari tahun ke tahun dan tidak kunjung selesai. Para pendidik memiliki beban berat dalam melaksanakan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kelulusan siswa. Kondisi tersebut diperparah dengan disahkannya undang-undang HAM yang tidak memperbolehkan seorang pendidik memberikan sanksi kepada siswa. Kondisi tersebut membuat anak didik tidak lag menghormati dan menghargai guru-guru mereka. 1) Mendidik pekerjaan sangat berat dan melelahkan bagi pendidik. 2) Wajar jika Pemerintah memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan. 3) Generasi muda tanpa pendidikan akan membuat Indonesia hancur. 4) Di masa yang akan datang Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain. 5) Oleh karena itu, Pemerintah sangat menggantungkan peran pendidik dalam kemajuan bangsa. Disadur dari: http://www.artikelbagus.com/2012/03/potret-pendidikan-di-indonesia.html , diunduh 8 Februari 2018 Konjungsi pada paragraf kedua dalam artikel tersebut menyatakan makna...

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 15-18

Potret Pendidikan Indonesia

Sektor pendidikan di Indonesia mendapat angin segar. Pemerintah telah menganggarkan 20% APBN untuk bidang pendidikan. Kondisi tersebut membawa dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

Pendidikan di Indonesia memiliki sistem cukup baik. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan di lapangan masih jauh dari ketentuan yang berlaku, misalnya penyelenggaraan Ujian Nasional. Ujian Nasional yang telah disusun dengan baik sering menemui kendala di lapangan.

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional sering ditemukan kejadian-kejadian yang tidak seharusnya terjadi. Kejadian yang dilakukan oleh para oknum yang berkecimpung di dunia pendidikan. Kejadian tersebut mencoreng dunia pendidikan.

Pelaksanaan Ujian Nasional merupakan pekerjaan rumah yang terus bertambah dari tahun ke tahun dan tidak kunjung selesai. Para pendidik memiliki beban berat dalam melaksanakan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kelulusan siswa. Kondisi tersebut diperparah dengan disahkannya undang-undang HAM yang tidak memperbolehkan seorang pendidik memberikan sanksi kepada siswa. Kondisi tersebut membuat anak didik tidak lag menghormati dan menghargai guru-guru mereka.

1) Mendidik pekerjaan sangat berat dan melelahkan bagi pendidik.

2) Wajar jika Pemerintah memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan.

3) Generasi muda tanpa pendidikan akan membuat Indonesia hancur.

4) Di masa yang akan datang Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain.

5) Oleh karena itu, Pemerintah sangat menggantungkan peran pendidik dalam kemajuan bangsa.

Disadur dari: http://www.artikelbagus.com/2012/03/potret-pendidikan-di-indonesia.html, diunduh 8 Februari 2018

Konjungsi pada paragraf kedua dalam artikel tersebut menyatakan makna...

  1. 'tujuan atau harapan'

  2. 'sebab dari peristiwa'

  3. 'waktu yang berurutan'

  4. 'kenyataan yang sebenarnya'

  5. 'pertentangan atau perlawanan'

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konjungsi yang terdapat pada paragraf kedua yaitu akan tetapi. Konjungsi tersebut memiiki makna pertentangan. Konjungsi tersebut memiliki fungsi menentang pernyataan yang ada pada kalimat sebelumnya.

Konjungsi yang terdapat pada paragraf kedua yaitu akan tetapi. Konjungsi tersebut memiiki makna pertentangan. Konjungsi tersebut memiliki fungsi menentang pernyataan yang ada pada kalimat sebelumnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Makam ini terletak di kawasan Pasar Tomak, tak jauh dari dermaga. Areal ini ramai dikunjungi pada saat-saat tertentu. Biasanya hal pertama yang dilakukan para pengunjung adal...

909

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia