Roboguru

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 12 dan 13. Usaha keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warga terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau sepeda motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman pada jam- jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan sejajar dengan jalur koridor I busway (Blok M-Kota). Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Kondisi tersebut juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor. Sebelum penerapan sistem itu, pihak Pemprov akan terlebih dahulu melakukan pembenahan operasional bus transjakarta. Dengan langkah tersebut diharapkan headway atau jarak waktu antarbus transjakarta lebih terjamin. Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan harus dikaji lebih cermat dan mendalam. Sebaiknya kebijakan. tersebut tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru. Disadur dari: http://megapolitan kompas.com/read/2013/07/27/22353730 Blok.M-Kota.Uji.Coba.Pembatasan.Motor-5, diunduh 7 Februari 2018 Kutipan artikel tersebut menginformasikan ...

Pertanyaan

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 12 dan 13.

Usaha keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warga terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau sepeda motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman pada jam- jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan sejajar dengan jalur koridor I busway (Blok M-Kota).

Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Kondisi tersebut juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Sebelum penerapan sistem itu, pihak Pemprov akan terlebih dahulu melakukan pembenahan operasional bus transjakarta. Dengan langkah tersebut diharapkan headway atau jarak waktu antarbus transjakarta lebih terjamin. Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan harus dikaji lebih cermat dan mendalam. Sebaiknya kebijakan. tersebut tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru.

Disadur dari: http://megapolitan kompas.com/read/2013/07/27/22353730 Blok.M-Kota.Uji.Coba.Pembatasan.Motor-5, diunduh 7 Februari 2018

Kutipan artikel tersebut menginformasikan ...

  1. Kemacetan di Jakarta disebabkan kesalahan pengguna sepeda motor

  2. Upaya mengurangi volume pengguna sepeda motor di Jakarta

  3. Kebijakan Pemprov DKI untuk mengatasi kemacetan di Jakarta

  4. Perlunya kerja sama semua masyarakat untuk mengatasi kemacetan

  5. Diskusi pembenahan jalur-jalur utama yang sering mengalami kemacetan

Pembahasan:

Artkel tersebut membahas tentang Pemprov DKI yang berusaha membuat kebijakan-kebijakan untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, mulau dari pengurangan volume sepeda motr dan pembenahan operasional bus transjakarata.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tujuan penulisan artikel adalah...

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved