Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan artikel berikut untuk soal 10 dan 11. Sosialisasi gas elpiji dan perubahan gaya hidup masyarakat dari pemakai minyak tanah ke gas elpiji menuai sukses besar. Rakyat yang semula enggan kini lebih suka memakai gas elpiji. Sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji. Andaikan pasokan lancar dan tingkat harga relatif terjangkau, realisasi pengalihan minyak tanah ke gas elpiji akan berjalan lebih cepat dari target. Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 95% ibu rumah tangga dan pedagang kecil yang dijadikan responden mengaku senang menggunakan gas elpiji daripada minyak tanah. Mereka enggan kembali menggunakan minyak tanah. Gas elpiji diakui lebih praktis dan hemat. Dari sisi Pemerintah, yang setiap tahun masih menyediakan dana subsidi BBM, penggunaan gas elpiji lebih hemat 32% dibanding minyak tanah. Jika dalam setahun subsidi minyak tanah Rp50 triliun, subsidi gas elpiji cukup Rp34 triliun. Penggunaan gas elpiji juga membuat udara lebih bersih. Tidak diragukan lagi manfaat penggunaan gas elpiji bagi Pemerintah dan masyarakat. Persoalan kini tinggal kecukupan pasokan dengan harga terjangkau. Jangan sampai, ketika rakyat sudah berhasil meninggalkan minyak tanah, gas elpiji tidak cukup tersedia. Sebagai salah satu negara produsen gas terbesar di dunia, alangkah anehnya Indonesia jika harus mengalami kelangkaan gas elpiji. Disadur dari: http:/202.169.46231/Sews/2008/12/17/Editoriedito4htm diunduh 7 Februari 2018 Kutipan artikel tersebut membahas ...

Kutipan artikel berikut untuk soal 10 dan 11.

Sosialisasi gas elpiji dan perubahan gaya hidup masyarakat dari pemakai minyak tanah ke gas elpiji menuai sukses besar. Rakyat yang semula enggan kini lebih suka memakai gas elpiji. Sekitar 42 juta keluarga se-Indonesia telah menggunakan gas elpiji. Andaikan pasokan lancar dan tingkat harga relatif terjangkau, realisasi pengalihan minyak tanah ke gas elpiji akan berjalan lebih cepat dari target. Sebuah penelitian menunjukkan, lebih dari 95% ibu rumah tangga dan pedagang kecil yang dijadikan responden mengaku senang menggunakan gas elpiji daripada minyak tanah. Mereka enggan kembali menggunakan minyak tanah. Gas elpiji diakui lebih praktis dan hemat.

Dari sisi Pemerintah, yang setiap tahun masih menyediakan dana subsidi BBM, penggunaan gas elpiji lebih hemat 32% dibanding minyak tanah. Jika dalam setahun subsidi minyak tanah Rp50 triliun, subsidi gas elpiji cukup Rp34 triliun. Penggunaan gas elpiji juga membuat udara lebih bersih. Tidak diragukan lagi manfaat penggunaan gas elpiji bagi Pemerintah dan masyarakat. Persoalan kini tinggal kecukupan pasokan dengan harga terjangkau. Jangan sampai, ketika rakyat sudah berhasil meninggalkan minyak tanah, gas elpiji tidak cukup tersedia. Sebagai salah satu negara produsen gas terbesar di dunia, alangkah anehnya Indonesia jika harus mengalami kelangkaan gas elpiji.

Disadur dari: http:/202.169.46231/Sews/2008/12/17/Editoriedito4htm diunduh 7 Februari 2018

Kutipan artikel tersebut membahas ...

  1. Jumlah ibu rumah tangga yang menggunakan elpiji

  2. Keuntungan Pemerintah dari program konversi gas elpiji

  3. Manfaat penggunaan gas elpiji bagi ibu rumah tangga

  4. Kerugian yang dialami konsumen dari penggunaan elpiji

  5. Kesuksesan program konversi minyak tanah ke gas elpiji.

  6. penggunaan elpiji ke gas elpiji

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Topik permasalahan yang dibahas dalam artikel tersebut yaitu banyak orang yang sudah mengganti minyak tanah ke gas elpiji karena lebih murah. Secara keseluruhan isi teks tersebut membahas kesuksesas program konversi minyak tanah ke ga elpiji yang disetujui oleh banyak pihak terutama masyarakat.

Topik permasalahan yang dibahas dalam artikel tersebut yaitu banyak orang yang sudah mengganti minyak tanah ke gas elpiji karena lebih murah. Secara keseluruhan isi teks tersebut membahas kesuksesas program konversi minyak tanah ke ga elpiji yang disetujui oleh banyak pihak terutama masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pola pendapat dan alasan pemikiran digunakan dalam penulisan artikel jika ....

26

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia