Roboguru

Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan bagian papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka. Wacana di atas termasuk jenis karangan ....

Pertanyaan

Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan bagian papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka.


Wacana di atas termasuk jenis karangan ....space 

  1. persuasispace 

  2. deskripsispace 

  3. argumentasispace 

  4. eksposisispace 

  5. narasispace 

Pembahasan Soal:

  1. Karangan Deskripsi. Karangan Deskripsi merupakan karangan yang berisi tentang penggambaran terhadap suatu obyek. Karangan deskripsi berusaha untuk menggambarkan suatu obyek sejelas mungkin sehingga pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengar dan merasakan apa yang dilukiskan penulis.
  2. Karangan Narasi. Narasi adalah jenis karangan yang disusun dengan metode bercerita. Pada umumnya karangan narasi disusun secara kronologis, mengandung plot (rangkaian jalan cerita), dan terdapat tokoh yang diceritakan. Karangan narasi berisi cerita atau peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu.
  3. Karangan Argumentasi. Karangan Argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat atau gagasan. Cirinya berisi alasan atau pendapat penulis. Karangan argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar menyetujui gagasan si pengarang.
  4. Karangan Eksposisi. Karangan Eksposisi adalah karangan yang berisi paparan yang memberikan data atau keterangan sebagai penjelas. Suatu karangan disebut eksposisi jika karangan tersebut berisi tentang uraian atau pemaparan terhadap suatu hal atau obyek.
  5. Karangan Persuas. Karangan persuasi adalah karangan yang berisikan himbauan atau ajakan kepada pembaca.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan paragraf berikut! (1) Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. (2) Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sum...

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan tesis dalam struktur eksposisi!

2

Roboguru

(1) Informasi merupakan hakikat utama atau materi pokok sebagai isi pesan dalam berkomunikasi. (2) Berdasarkan kuantitas dan kualitasnya, informasi dapat dikategorikan sebagai informasi biasa dan info...

0

Roboguru

Berikut ini urutan yang tepat dari struktur teks eksposisi adalah ....

0

Roboguru

Jelaskan struktur teks eksposisi secara lengkap!

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved