Roboguru

Kulit mengekskresikan keringat yang memiliki kandungan berupa ....

Pertanyaan

Kulit mengekskresikan keringat yang memiliki kandungan berupa ....space space 

  1. karbon dioksida dan airspace 

  2. air dan oksigenspace 

  3. air dan garamspace 

  4. uap air dan kaliumspace 

  5. uap air dan amoniaspace 

Pembahasan Soal:

Fungsi kulit sebagai organ sistem ekskresi adalah untuk mengeluarkan kotoran, racun, dan senyawa mineral berlebih melalui keringat, agar kita terhindar dari zat-zat yg dapat meracuni tubuh. Keringat mengandung air, garam  (NaC)l, K, dan juga senyawa amonium (NH4).  

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Muftin

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel berikut  No. Organ Ekskresi Zat Sisa Metabolisme 1.     2.     3.     4.

Pembahasan Soal:

Berikut adalah tabel mengenai organ ekskresi dan zat hasil metabolisme yang dihasilkannya:

No.  Organ Ekskresi Zat Sisa Metabolisme
1. Ginjal Urin
2. Hati Empedu
3. Kulit Keringat
4. Paru-paru Karbon dioksida (C O subscript 2) dan air (H subscript 2 O

space 

0

Roboguru

Sebutkan fungsi hati dan kulit sebagai alat ekskresi!

Pembahasan Soal:

  • Hati

Sebagai organ yang berperan dalam sistem ekskresi, hati berfungsi untuk merombak sel-sel darah merah yang sudah tua/rusak. Di dalam hati, hemoglobin pada sel darah merah yang sudah rusak akan diuraikan menjadi globin, zat besi, dan senyawa hemin. Hemoglobin itu sendiri merupakan protein yang mengandung zat besi pada sel darah merah.

Zat besi akan disimpan di dalam hati atau dialirkan menuju sumsum tulang belakang, sedangkan globin digunakan untuk membentuk sel darah merah baru dan metabolisme protein. Sementara itu, senyawa hemin akan diubah menjadi zat warna pada empedu, yaitu bilirubin dan biliverdin.

Selain itu, hati juga berfungsi untuk menghasilkan empedu secara terus-menerus. Empedu merupakan cairan berwarna kehijauan dan rasanya pahit. Empedu ini berperan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh serta melindungi tubuh dari bakteri. Zat-zat yang tidak baik bagi tubuh akan diserap oleh hati dan dikeluarkan dari tubuh melalui empedu. Zat ini, dikeluarkan bersama dengan urin atau feses.

Fungsi hati lainnya dalam sistem ekskresi adalah untuk menguraikan gas amonia yang berbahaya dalam tubuh menjadi zat yang lebih aman, yaitu urea. Amonia tersebut dihasilkan dari proses metabolisme asam amino. Urea dari dalam hati akan dikeluarkan dan diangkut ke ginjal untuk dikeluarkan bersama urine.

  • Kulit

Fungsi kulit sebagai organ sistem ekskresi adalah untuk mengeluarkan kotoranracun, dan senyawa mineral berlebih melalui keringat, agar kita terhindar dari zat-zat yg dapat meracuni tubuh. Keringat biasanya keluar ketika kita melakukan aktivitas, seperti berolahraga atau berjemur di bawah sinar matahari.

 undefined 

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia adalah ....

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna atau berbahaya jika di simpan tubuh. Sistem ekskresi pada manusia meliputi ginjal (pembuangan urine), hati (menghasilkan amonia, urea, dan asam urat yang dieksresikan ke dalam urine), paru-paru ( mengeluarkan kadon dioksida), dan kulit (pembuangan keringat).space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah C.space
 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Organ Ekskresi Hasil Ekskresi I. Paru-paru P. Keringat II. Hati Q. Urine III. Ginjal R. Karbon dioksida dan uap air ...

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi merupakan sekupulan organ yang berfungsi untuk mengolah dan mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Pada manusia, sistem ekskresi tersusun atas kulit, hati, paru-paru, dan ginjal. 

  1. Kulit, berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk keringat. Kandungan keringat yaitu NaCl (garam), urea, amonia, dan air.
  2. Hati, merupakan organ ekskresi yang terletak di rongga perut sebelah kanan. Hati berfungsi untuk menghasilkan cairan empedu. 
  3. Paru-paru, berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk karbon dioksida dan uap air melalui proses ekspirasi.
  4. Ginjal, berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urine. Urine mengandung air, urea, asam urat, kreatinin, amonia, dan garam.

Berdasarkan uraian di atas, pasangan pernyataan antara organ ekskresi dengan fungsinya yang tepat adalah I-R, II-S, III-Q, dan IV-P.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan alat-alat ekskresi pada manusia!

Pembahasan Soal:

Organ sistem ekskresi manusia terdiri atas:

  1. Ginjal
    Hasil ekskresi ginjal berupa urin yaitu cairan yang mengandung zat sisa hasil metabolisme tubuh dan hasil ekskresi dari paru-paru diantaranya adalah urea, asam urat, kreatinin, ion-ion garam mineral, serta zat sisa bahan kimia yang ikut masuk ke dalam tubuh seperti sisa obat.
  2. Hati
    Hasil ekskresi utama hati adalah urea dan amonia yang merupakan hasil metabolisme protein, senyawa tersebut kemudian dialirkan oleh hati menuju ginjal atau kulit untuk dikeluarkan dari tubuh. Selain itu hati juga menghasilkan garam empedu yang merupakan zat sisa dari perombakan eritrosit.
  3. Kulit
    Fungsi kulit adalah menghasilkan hasil ekskresi berupa keringat yang tersusun atas air, garam mineral, dan zat sisa seperti urea.
  4. Paru-paru
    Hasil ekskresi paru-paru adalah  CO2 dan H2O yang merupakan sisa metabolisme glukosa.

Dengan demikian, alat ekskresi manusia terdiri atas ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved