Roboguru

Kriminalitas sebagai bentuk deviasi terjadi karena adanya proses alih budaya pada pergaulan satu kelompok dengan kelompok lain yang berbeda merupakan asumsi dan teori . .. .

Pertanyaan

Kriminalitas sebagai bentuk deviasi terjadi karena adanya proses alih budaya pada pergaulan satu kelompok dengan kelompok lain yang berbeda merupakan asumsi dan teori . .. .  
 

  1. kontrol  

  2. anomie  

  3. differential association  

  4. labelling  

  5. konflik  

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan asumsi dari teori deviasi sosial. Teori differential association dicetuskan oleh Edwin H. Sutherland. Dalam teori differential association, penyimpangan sosial dianggap terjadi karena pergaulan berbeda. Maka itu, perilaku menyimpang dipahami terjadi karena proses alih budaya (cultural transmission). Menurut Sutherland, semua perilaku dipelajari. Karena itu, perilaku menyimpang juga merupakan hasil dari proses belajar dari individu. Proses belajar tersebut bisa terjadi karena intensitas kontak dengan orang yang menyimpang, atau hubungan dengan orang yang menyimpang.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ahmad dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang agamis, pergaulan di luar rumah dengan kelompok yang telah lama menggunakan obat-obat terlarang menyebabkan Ahmad sering menggunakan obat-obatan terlara...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi di atas, Ahmad memiliki perilaku menyimpang disebabkan oleh faktor diferensiasi asosiasi. Menurut Edwin H. Sutherland, perilaku menyimpang terjadi akibat adanya differential association atau asosiasi yang berbeda terhadap suatu kejahatan. Hal ini membuat semakin tinggi interaksi seseorang dengan orang yang berperilaku menyimpang, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan orang tersebut untuk bertingkah laku yang menyimpangspace space

Jadi, jawaban yang tepat adalah faktor diferensiasi asosiasi.space space

0

Roboguru

Perhatikan nama tokoh-tokoh sosiologi berikut ini ! Edwin H. Sutherland Charles Horton Coely Robert K. Merton Auguste Comte   Karl Marx Tokoh tokoh sosiologi yang membahas atau memberikan sum...

Pembahasan Soal:

Tokoh sosiologi yang terkenal dengan kajian penyimpangan sosial antaralain sebagai berikut:

  1. Edwin H. Sutherland, tokoh yang mempopulerkan tentang teori Differential Assosiation
  2. Edwin M. Lemert, tokoh yang mempopulerkan tentang teori Labeling
  3. Robert K. Merton, tokoh yang mempopulerkan tentang teori sosial struktur (konformitas, inovasi, ritualisme, retreatisme, dan rebellion)
  4. Karl Marx, tokoh yang mempopulerkan tentang teori konflik undefined 

Aguste comte adalah tokoh yang terkenal dengan teori social statis dan social dynamic, sedangkan Charles H. Coely terkenal dengan teori Looking glass selft. Jadi jawabannya C.

0

Roboguru

Dalam teori differential association terdapat proses cultural transmission, proses itu menyatakan bahwa perilaku menyimpang dapat terus bertahan dan berkembang menjadi subkultur menyimpang dalam suatu...

Pembahasan Soal:

Teori differential association menjelaskan bahwa penyimpangan bersumber dari pergaulan dengan orang yang berperilaku menyimpang, dimana terjadi suatu proses cultural transmission atau proses alih budaya. Pertanyaan pada soal memfokuskan pada perilaku menyimpang akan terus bertahan dan berkembang menjadi subkultur menyimpang karena sosialisasi nilai dan norma yang menyimpang. Hal tersebut sesuai dengan isi teori differential association dimana proses alih budaya yang terjadi adalah sering mempelajari atau mendapatkan sosialisasi nilai-nilai menyimpang yang lambat laun akan menciptakan subkultur menyimpang dalam suatu wilayah. Opsi A salah karena kehidupan ekonomi yang sulit terlalu luas, sedangkan pada opsi B adalah pengecoh dan salah karena situasi dan lingkungan yang buruk kurang terspesifik apakah lingkungan sosial atau lingkungan fisiknya. Opsi D dan E salah karena keluar dari konteks.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space 

0

Roboguru

Penyimpangan sosial bersumber dari pergaulan dengan orang yang berperilaku menyimpang. Karena penyimpangan dipelajarai dari proses belajar nilai dan budaya dari individu atau kelompok. Hal tersebut se...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi diatas termasuk dalam teori Differential Association dari Edwin H. Sutherland, yang mengatakan bahwa penyimpangan yang dialami oleh individu atau kelompok terjadi karena proses melihat, mempraktekkan atau belajar nilai-nilai dan budaya yang telah menyimpang. Sebagai contoh seorang anak menjadi suka minum minuman keras karena bergaul dan mengalami difusi budaya dari lingkungan pemabok. Jadi jawabannya D. 

0

Roboguru

Sebagian besar dari kita belajar untuk menyimpang dari atau konfrom terhahap norma masyarakat melalui kelompok-kelompok berbeda dimana kita bergaul, merupakan konsep dari....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan teori penyimpangan sosial dan poin yang ditanyakan dalam soal adalah teori diferensial asosiasi.

Teori differential association merupakan teori penyimpangan sosial yang dikemukakan oleh Edwin H. Sutherland. Menurut teori differential association terjadinya perilaku menyimpang bersumber dari pergaulan dengan orang yang berperilaku menyimpang mellaui kelompok-kelompok berbeda dalam masyarakat. Contoh: seorang remaja merokok karena bergaul dengan kelompok yang sudah terlebih dahulu merokok.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pilihan jawaban B kurang tepat, karena teori konflik menjelaskan bahwa terjadinya konflik karena pertentangan antar kelas sosial.
Pilihan jawaban C kurang tepat, karena interaksionisme simbolik menjelaskan bahwa dalam berinteraksi terdapat simbol-simbol yang dihadirkan dan setiap simbol memiliki makna masing-masing.
Pilihan jawaban D kurang tepat, karena fungsionalisme menjelaskan masyarakat dipahami sebagai suatu sistem sosial beserta bagian-bagiannya. Apabila ada satu bagian yang tidak berfungsi maka akan mempengaruhi bagian yang lainnya.
Pilihan jawaban E kurang tepat, karena penyimpangan sosial merupakan tindakan indiivdu atau kelompok yang melanggar nilai, norma, dan aturan yang berlaku di masyarakat.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved