Roboguru

Kota-kota di Indonesia pada umumnya berkembang dari ..... Pusat pertambangan. Pusat perkebunan oleh pemerintah kolonial. Pusat perdagangan. Pusat pemerintahan administrasi kerajaan.

Pertanyaan

Kota-kota di Indonesia pada umumnya berkembang dari .....

  1. Pusat pertambangan.
  2. Pusat perkebunan oleh pemerintah kolonial.
  3. Pusat perdagangan.
  4. Pusat pemerintahan administrasi kerajaan. 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan kota di Indonesia dapat dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan oleh masyarakatnya. Pertumbuhan kota di Indonesia dapat berkembang dari kegiatan perdagangan, perkebunan, pertambangan, administrasi, industri, dan kebudayaan.

Pada soal di atas, jawaban yang tepat ada pada nomor 1, 2, 3, dan 4.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di Desa Kuniang dibuka sekolah setingkat SMA. Pembukaan sekolah tersebut memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Pengaruh tersebut seperti masyarakat menjadi semangat melanjutkan sekolah, bermunculan tok...

Pembahasan Soal:

Bertambah padatnya jumlah penduduk pada suatu wilayah akan memacu tumbuhnya sarana-sarana dan fasilitas permukiman, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Kemudian sektor-sektor ekonomi dan sosial akan berkembang seiring dengan adanya fasilitas pelayanan. Seperti pada soal dengan adanya pembukaan sekolah di Desa Kuniang memengaruhi kehidupan masyarakat seperti menjadi semangat melanjutkan sekolah, bermunculan toko alat tulis dan fotokopi, masyarakat mengenal teknologi wifi, dan banyak warung baru di sekitar sekolah tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pengaruh pusat pelayanan terhadap bidang ekonomi di Desa Kuniang adalah munculnya berbagai jenis pekerjaan baru.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Kenapa faktor pendidikan memengaruhi pertumbuhan wilayah?

Pembahasan Soal:

Pendidikan adalah faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan wilayah. Karena dengan pendidikan akan menciptakan SDM masyarakat yang handal dan berkompeten. Kunci dan modal utama dalam pembangunan dan pertumbuhan suatu wilayah menjadi wilayah yang lebih berkembang dan maju adalah kualitas SDM,  baik buruknya kualitas SDM juga dipengaruhi oleh pendidikan dan ketrampilan SDM tersebut. Semakin berkualitas SDM maka pembangunan wilayah akan cepat untuk terlaksana. 

0

Roboguru

Setiap pembangunan membutuhkan suatu perencanaan, dengan pemanfaatan lahan yang sesuai agar tidak merusak lingkungan. Sebutkan pendapat kalian tentang manfaat dari masing-masing perencanaan pembanguna...

Pembahasan Soal:

Perencanaan pembangunan wilayah adalah upaya untuk mengoptimalkan aktivitas serta fungsi wilayah dengan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi wilayah tersebut dengan memperhatikan kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. Perencanaan pembangunan permukiman dilakukan agar pembangunan permukiman tetap menjaga kelestarian lingkungan misalnya sumber air dan lahan terbuka hijau. Selain itu, perencanaan pembanguan permukiman juga bermanfaat untuk menentukan pembangunan fasilitas lainnya.  

0

Roboguru

Perbatikan ilustrasi berikut! Wilayah yang paling cepat berkembang ditunjukkan oleh angka ... karena ...

Pembahasan Soal:

Pembangunan wilayah merupakan perubahan dari suatu wilayah yang menuju kesempurnaan yang dapat menumbuhkan pusat pertumbuhan. Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah atau kawasan yang berkembang pesat dan mampu memengaruhi wilayah sekitarnya. Pertumbuhan wilayah pada gambar akan cepat berkembang pada wilayah perkebunan atau ditunjukkan oleh angka IV karena tingkat mobilitas barang dan penduduk tinggi.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Pola pengembangan wilayah di kawasan Asia Tenggara adalah....

Pembahasan Soal:

Secara umum model pengembangan wilayah di Asia Tenggara lebih menekankan pada sektor agraris yaitu upaya pengolahan sumber daya alam secara langsung seperti pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan. Namun akhir-akhir sektor industri mulai berkembang namun hanya sebatas manufaktur. Negara-negara Asia Tenggara mulai bergerak menuju negara industri. Negara di Asia Tenggara (kecuali Singapura) kebanyakan masih mengimpor beberapa produk dari negara maju sehingga menghasilkan ketergantungan yang berlebihan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved