Roboguru

Kosentrasi penduduk dapat terjadi pada daerah dengan fisiografis berikut kecuali ....

Pertanyaan

Kosentrasi penduduk dapat terjadi pada daerah dengan fisiografis berikut kecuali ....

  1. Dekat mata air

  2. Tanahnya subur

  3. Dekat sungai

  4. Dibawah lereng terjal

  5. Dekat jalan

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konsentrasi penduduk dapat terjadi pada daerah dengan fisiografis berikut:

  1. Pada daerah dataran atau perkotaan biasanya mengikuti jalur memanjang seperti dekat dengan jalan raya, sungai atau garis pantai. Pemukiman penduduk dengan konsentrasi seperti ini akan memudahkan masyarakat untuk mendekati sarana transportasi dan tempat bekerja,
  2. Pada daerah pegunungan pola pemukian biasanya mengelompok, dan bisa ditemukan pada pertemuan atau persimpangan jalur transportasi serta lokasi yang dekat dengan mata air.
  3. Pada daerah perdesaan biasanya terbentuk pola yang terpencar dan beberapa pemukimannya menyebar. Biasanya terdapat pada daerah-daerah yang subur dengan kondisi morfologi daerah dataran rendah atau perbukitan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ilustrasi pengembangan wilayah berikut.   Wilayah pada gambar akan berkembang pesat ke arah...karena...

Pembahasan Soal:

Wilayah yang akan berkembang pesat pada gambar pada soal yaitu wilayah 1, hal ini dapat dilihat dari panjangnya garis dari pusat kearah permukiman pinggiran kota. Wilayah pinggiran kota memiliki harga tanah yang relatif lebih murah dibandingkan di kota karena jaraknya lumayan jauh dari pusat kota dan biasanya hanya dapat diakses oleh moda transportasi yang dimiki masyarakat. Harga lahan yang relatif murah memungkinkan masyarakat untuk membeli tanah disana dan membangun permukiman, dengan adanya permukiman maka akan terbangun juga tempat-tempat penyokong kebutuhan masyarakat seperti pasar, tempat belanja, terminal, dan lain sebainya. Sehingga lama kelamaan pinggiran kota tersebut akan terus berkembang. Wilayah ini biasanya menjadi sasaran masyarakat kelas atas yang banyak bekerja di pusat-pusat kota.
 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan gambar kenampakan melintang penggunaan Iahan pertanian berikut! Diagram yang menggambarkan harga lahan sesuai gambar tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Harga lahan di pusat kota biasanya cenderung sangat tinggi karena kota merupakan pusat pertumbuhan yang berpengaruh terhadap daerah-daerah di sekitarnya yaitu pinggir kota.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Jarak antarkota Jenis jalan Usia produktif Jumlah penduduk Tingkat aktivitas perekonomian Faktor yang memengaruhi kekuatan gravitasi suatu wilayah terdapat ...

Pembahasan Soal:

Teori perkembangan kota model gravitasi senantiasa berkaitan dengan pergerakan, hubungan, dan interaksi antarwilayah. Adapun faktor yang paling berperan dalam dalam menentukan gaya gravitasi antara kedua wilayah adalah jarak antarwilayah dan kondisi jaringan jalan yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Semakin dekat jarak serta infrastruktur jalan maka dapat dipastikan kekuatan gravitasi kedua wilayah makin kuat.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Pemekaran kota seperti gambar akan lebih pesat berkembang ke arah nomor 3 karena bagian wilayah itu merupakan ....

Pembahasan Soal:

Pemekaran kota sangat berkaitan dengan aspek jumlah penduduk, luas wilayah, dan potensi yang dimilikinya. Selain itu, kota akan cenderung berkembang ke wilayah yang mampu menunjang aktivitas masyarakatnya dengan baik. Dengan demikian, pada gambar tersebut kota akan lebih pesat berkembang ke arah nomor 3 (perdagangan) karena bagian wilayah itu merupakan pusat kegiatan ekonomi. Hal tersebut dikarenakan sektor perdagangan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan, baik dari segi barang dan jasa maupun lapangan pekerjaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Pengembangan wilayah sesuai ilustrasi gambar dibawah lebih cepat ke arah .... karena ....

Pembahasan Soal:

Gambar dalam konteks soal diatas menunjukkan wilayah pengembangan lebih cenderung mengarah pada kawasan industri karena merupakan pusat kegiatan ekonomi dimana banyak dijumpai sarana prasarana penunjang pemenuhan kebutuhan yang dapat dijangkau oleh penduduk.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved