Roboguru

Konstruksilah sebuah teks ceramah tentang bahaya berita bohong (hoax).

Pertanyaan

Konstruksilah sebuah teks ceramah tentang bahaya berita bohong (hoax).space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Pembahasan Soal:

Contoh teks ceramah tentang berita bohong (hoax):

Pendahuluan:  Selamat pagi saudara-saudara sekalian. Dalam kesempatan ini saya akan mengingatkan diri saya sendiri dan kita semua tentang bahaya berita bohong atau hoax. akhir-akhir ini, di media sosial maupun di aplikasi pesan, kita sering melihat berita tidak benar. Dampak dari berita bohong ini, saudara sekalian, akan sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan keresahan dalam masyarakat, terganggunya kegiatan, kerugian bahkkan yang paling berbahaya dapat menyebabkan kerusuhan hingga hilangnya nyawa seseorang.

Isi ceramah:  Pada beberapa waktu lalu misalnya, sebuah warung bakso menderita kerugian dan didatangi massa akibat berita bohong bahwa warung ini menyajikan bakso dari daging babi. Kemudian saat pemilihan kepala daerah kemarin juga banyak terjadi persebaran isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Tokoh masyarakat yang seharusnya menjadi pemimpin juga banyak yang termakan hoax, dengan semudahnya sendiri memosting ulang berita dan pesan bohong. Maraknya hoax ini akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bangsa Indonesia yang kita sayangi ini. 

Penutup: Karena itu, saudara sekalian, marilah kita selalu waspada akan apa yang kita baca, dengan atau lihat di media sosial ataupun pesan-pesan yang kita terima. Cek dulu, kritisi, dan jangan mudah terpancing. Dengan demikian kita akan bisa melindungi diri kita dan keluarga kita dari berita bohong atau hoax.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Salim

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Urutan yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Struktur teks pidato yaitu:

  1. Pembukaan pidato terdiri dari 3 bagian, yaitu :
    - Salam pembuka. Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan dari orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai ke orang-orang yang memiliki jabatan rendah.
    - Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu.
    - Pengantar ke topik utama
  2. Isi pidato, berisi hal-hal penting yang akan disampaikan.
  3. Penutup pidato, berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.
  4. Salam

Teks pidato di atas dimulai dari bagian pembukaan pidato yang ditunjukkan oleh nomor 7,4,1 dan 3, kemudian isi pidato yang ditunjukkan oleh nomor 2 dan 5, bagian penutup pidato dan salam yang ditunjukkan oleh nomor 6. Jadi, urutan yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah 7,4,1,3,2,5,6.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. Manfaat kegiatan OSIS bagi siswa Pentingnya OSIS bagi kegiatan sekolah Sejarah berdirinya OSIS Pengenalan struktur pengurus OSIS Sebagai Ketua OSIS, Y...

Pembahasan Soal:

Hal-hal yang mungkin disampaikan oleh Yahya berdasarkan topik kegiatan OSIS adalah

  • Manfaat kegiatan OSIS bagi siswa
  • Pentingnya OSIS bagi kegiatan sekolah
  • Pengenalan struktur pengurus OSIS

Melalui hal tersebut diharapkan siswa baru dapat mengetahui manfaat dan pentingnya kegiatan OSIS, serta mengenal pengusur OSIS di sekolah tersebut. Sejarah OSIS tidak perlu dijelaskan karena tidak sesuai dengan topik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Anda diminta oleh teman-teman untuk memberikan sambutan pada acara perpisahan kelas di sekolah Anda. Kalimat pembuka sambutan sesuai ilustrasi tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Kata sambutan biasanya berisi tentang ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, ungkapan rasa syukur, hingga apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Kata sambutan sendiri hendaknya disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas. Yang terpenting adalah maksud dan tujuan kata sambutan ini telah tersampaikan. Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat pembuka sambutan sesuai ilustrasi di atas adalah Yang terhormat bapak dan ibu guru sekalian, perkenankanlah saya menyampaikan sambutan pada acara perpisahan ini.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Tentukan tujuan umum dan tujuan khusus ceramah dengan topik "Sikap Toleransi "!

Pembahasan Soal:

Dalam cermah, biasanya memiliki dua tujuan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan Umum Ceramah biasanya dirumuskan dalam tiga hal yaitu memberitahukan (informatif), memengaruhi (persuasif), dan menghibur (rekreatif). Tujuan Khusus ialah tujuan yang merupakan rincian dari tujuan umum. Tujuan umum khususnya lebih informasional, lebih jelas, dan terukur dalam pencapaiannya.

Topik teks cermah adalah sikap toleransi, maka tujuan umum berdasarkan topik tersebut yaitu persuasif (mempengaruhi orang untuk melakukan tindakan tertentu). Sementara itu, tujuan khusus berdasarkan topik tersebut adalah mengajak pendengar agar memiliki sikap toleransi.

Dengan demikian, tujuan umum berdasarkan topik tersebut yaitu persuasif (mempengaruhi orang untuk melakukan tindakan tertentu). Sementara itu, tujuan khusus berdasarkan topik tersebut adalah mengajak pendengar agar memiliki sikap toleransi.space 

0

Roboguru

Susunlah teks ceramah! Tentukan tema ceramah! Tentukan pokok-pokok isi ceramah! Kembangkan pokok-pokok isi ceramah menjadi paragraf-paragraf padu! Kembangkan kerangka ceramah yang telah Anda bua...

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved