Roboguru

Konsep waktu sejarah sangat berhubungan erat dengan ilmu ...

Pertanyaan

Konsep waktu sejarah sangat berhubungan erat dengan ilmu ...

Pembahasan Soal:

Konsep waktu sangat berhubungan erat dengan ilmu sejarah. Waktu dan sejarah menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya akan terus bergerak dan melahirkan berbagai peristiwa baru yang saling berkaitan, sehingga perjalanan sejarah tidak akan berhenti. Konsep waktu dalam sejarah tidak bisa lepas dari perubahan. Perubahan ini mencakup berbagai bidang, mulai dari sosial, ekonomi, budaya, hingga politik. Contohnya adalah perkembangan kehidupan sejak adanya manusia sampai sekarang, dari taraf kehidupan sederhana hingga kehidupan kompleks.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konsep waktu sangat berhubungan erat dengan sejarah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini unsur-unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah unsur....

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangannya, unsur Waktu dalam sejarah sangatlah bersifat cair. Waktu tidak bersifat tetap. Apa yang sudah terjadi pada masa lalu tidak akan terjadi pada masa kini atau masa depan dengan detail yang sama. Sementara itu unsur Ruang bersifat tetap. Banyak peristiwa sejarah berbeda dapat terjadi di suatu tempat yang sama.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined

1

Roboguru

Masyarakat Barat melihat waktu sebagai....

Pembahasan Soal:

Dalam budaya barat pasca Revolusi Industri, waktu dipandang sebagai sesuatu yang sangat berharga. Waktu adalah sesuatu yang tidak akan kembali lagi. Maka dari itu, suatu peristiwa yang sudah terjadi tidak akan bisa dibatalkan dalam waktu ataupun dimundurkan kembali ke saat sebelum terjadinya peristiwa. Pandangan ini menempatkan waktu sebagai garis lurus, yakni sesuatu yang akan terus maju dan tidak akan pernah bisa kembali.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Perhatikan karakteristik berikut! Perubahan Pergerakan Perkembangan Pergeseran Kesinambungan Menurut Kuntowijoyo, unsur waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo (2001: 14-15) meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan, berikut ini penjelasannya:

  1. Perkembangan. Masyarakat yang berkembang akan membawa bentuk baru yang lebih relevan dengan kondisi zaman. Perkembangan ini bertujuan untuk memperbarui segala sesuatu yang sudah dianggap tidak efektif bagi kelangsungan hidup masyarakat. Contohnya adalah demokrasi Amerika yang semakin berkembang akibat dari perkembangan struktur kota yang semakin kompleks.
  2. Kesinambungan. Kecenderungan masyarakat dalam mengadopsi cara-cara lama, menjadi dasar kesinambungan sejarah dari masa lalu. Meskipun ada beberapa poin yang berbeda, namun tidak merubah pola dan esensi dari sistem sebelumnya. Contohnya adalah sistem-sistem partai yang menyerupai sistem kerajaan masa sebelumnya, dalam lingkup yang hampir sama.
  3. Pengulangan. Peristiwa yang sama terulang kembali di masa berikutnya. Hal ini sering terjadi, sehingga muncul jargon "Sejarah terulang kembali". Contohnya pada peristiwa lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang dilatarbelakangi aksi demonstrasi dari para mahasiswa.
  4. Perubahan. Peristiwa perubahan terjadi dalam masyarakat secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pengaruh yang kuat dari luar. Contohnya adalah gerakan 30 S/PKI terjadi akibat paham komunis dari China dan Rusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat....

Pembahasan Soal:

Masa depan adalah masa yang akan datang dengan segala sesuatu peristiwa yang belum terjadi. Segala sesuatu peristiwa yang dilakukan pada saat ini atau masa kini akan mempengaruhi di masa depan. Maka dari itu, manusia perlu membuat perencanaan akan masa depannya dengan jadwal sehari-hari. space space

Maka, jawaban yang paling tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Unsur-unsur penting dalam sejarah yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur penting dalam sejarah meliputi Manusia, Ruang dan Waktu. 

  1. Manusia. Unsur manusia memiliki peran penting dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah aktor utama yang sangat mementukan suatu peristiwa sejarah. Sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia. Plato menyatakan bahwa manusia adalah hewan berpikir (animal rational). Sehingga sejarah merupakan gambaran tentang cara manusia mempertahankan kehidupannya dengan menggunakan akal pikiran. Manusia sebagai aktor sejarah yang memiliki kemampuan berpikir merupakan cikal bakal munculnya ide kreatif. Ide kreatif inilah yang merupakan embrio terbentuknya kebudayaan.
  2. Ruang. Dalam sejarah, ruang merupakan unsur penting yang harus ada. Ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah berkaitan dengan aspek geografis. Setiap komunitas yang tinggal di suatu tempat, akan memiliki pola pikir dan sistem budaya yang diperoleh dari leluhurnya. Sehingga kisah sejarah manusia merupakan proses interaksi dengan kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi pada ruang atau tempat tertentu.
  3. Waktu. Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mempelajari sejarah bukan hanya mempelajari sesuatu yang berhenti, melainkan sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu. Setiap peristiwa sejarah berada dalam kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang waktu sebelumnya. Unsur waktu memberikan setting tertentu bagi berlangsungnya peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah menempati unsur ruang dan waktu yang terus bergerak/ berkembang ke depan secara dinamis. Unsur waktu juga yang menandai sejarah sebagai peristiwa yang unik dari waktu ke waktu. Setiap peristiwa sejarah hanya sekali terjadi (einmaligh). Ada memang peristiwa sejarah yang hampir sama, namun konteks ruang dan waktu selalu berbeda. Oleh karena itu, dalam mempelajari sejarah, perlu ditentukan secara tegas, siapa pelakunya (who), kapan berlangsung (when), dimana peristiwa itu berlangsung (where), serta bagaimana peristiwa sejarah itu terjadi (how).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved