Roboguru

Konsep kronologi sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuan untuk….

Pertanyaan

Konsep kronologi sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuan untuk….

  1. Menyeleksi berbagai peristiwa

  2. Mengklasifikasi berbagai peristiwa

  3. Mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu

  4. Mengungkapkan berbagai peristiwa

Pembahasan Soal:

Kronologi adalah istilah yang artinya diambil dari bahasa Yunani, yaitu chronos yang artinya waktu dan logi yang artinya ilmu. Dari pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kronologi adalah ilmu yang mempelajari waktu atau sebuah kejadian pada waktu tertentu. Tujuan adanya konsep kronologi dalam ilmu sejarah adalah untuk mempermudah, memperjelas, dan mengetahui mengenai "waktu" kejadian dalam peristiwa bersejarah yang akan dipelajari.undefinedDengan demikian, maka tujuan dari kronologi adalah mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika kita menemukan adanya peristiwa sejarah yang tidak sesuai dengan urutan waktu terjadinya maka hal itu disebut….

Pembahasan Soal:

Kronologi adalah penempatan suatu peristiwa sejarah berdasarkan waktunya. Adanya kronologi bertujuan untuk menghindari anakronis. Ketidaksesuaian urutan atau kronologis sebuah peristiwa, kesalahan dalam penempatan objek dengan latar waktu atau zaman disebut dengan anakronis. Selain itu anakronis juga bisa berupa ungkapan verbal, teknologi, gagasan filosofis, kebiasaan, tumbuhan dan hewan. Hal yang pernah ada atau identik dengan suatu periode/zaman tertentu, akan tetapi ditampilkan di luar periode/zaman tersebut. Seperti contoh hewan-hewan raksasa berbentuk Jura yang hidup berdampingan dengan manusia. Hal tersebut adalah sebuah anakronis, karena kehidupan hewan Jura berlangsung jauh sebelum manusia ada. 

Maka, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Konsep kronologi penting dalam mengkaji peristiwa sejarah karena ....

Pembahasan Soal:

Kronologi merupakan catatan atau rentetan kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat. Selain itu, bagi sejarawan, kronologi mampu digunakan untuk memudahkan dalam mengelompokkan berbagai peristiwa dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda yang tentunya terkait dengan peristiwa yang akan direkonstruksi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

3

Roboguru

Untuk menghindari kerancuan yang mengakibatkan peristiwa yang terjadi dari satu masa masuk ke masa yang lain maka harus digunakan konsep ...

Pembahasan Soal:

Dalam mempelajari sejarah, kegiatan mengurutkan peristiwa-peristiwa sejarah sesuai dengan waktu terjadinya sangat memerlukan konsep kronologi. Hal ini akan mempermudah dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dengan tepat. Kronologi juga membantu membandingkan peristiwa sejarah yang terjadi di suatu tempat yang berbeda tetapi dalam waktu yang sama. Jadi, manfaat dari kronologi adalah menghindari terjadinya kerancuan dalam periode sejarah, memudahkan ingatan mengenai peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lampau.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Tujuan berpikir holistik (menyeluruh) dalam mempelajari sejarah adalah...

Pembahasan Soal:

Cara pandang atau cara berfikir holistik adalah upaya untuk memahami sesuatu secara utuh, menyeluruh, tidak terpecah belah, tidak parsialistik, tidak terkotak kotak kedalam pandangan yang partikularistik, dan itu ibarat upaya merangkai potongan potongan puzzle untuk menemukan rahasia gambar yang utuh-menyeluruh.

Oleh sebab itu, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Dalam mempelajari ilmu sejarah diperlukan konsep kronologi, dengan tujuan ...

Pembahasan Soal:

Kronologi merupakan catatan atau rentetan kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat. Selain itu, bagi sejarawan, kronologi mampu digunakan untuk memudahkan dalam mengelompokkan berbagai peristiwa dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda yang tentunya terkait dengan peristiwa yang akan direkonstruksi. serta membuat kita mampuspaceberfikir secara runtut, teratur dan berkesinambungan. Maka dari itu, tujuan kronologi dalam mempelajari sejarah adalah membuat urutan-urutan peristiwa berdasarkan tahun kejadiannya sehingga mudah direkonstruksi kembali.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved