Roboguru

Pertanyaan

Ayo, bacalah contoh beberapa paragraf teks nonfiksi berikut!


Layang-Layang


    Layang-layang merupakan permainan tradisional yang sudah lama dikenal anak-anak di seluruh Indonesia. Bahan dasar permainan layang-layang, yaitu kertas, potongan bambu kecil, benang, dan lem. Untuk memainkannya, layang-layang hanya perlu dikaitkan dengan segulung benang yang bisa ditarik-ulur, lalu diterbangkan ke angkasa.
    Layang-layang sering dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Layang-layang yang umum biasanya memiliki panjang diagonal 20 - 40 cm. Namun dalam perkembangannya, bentuk layang-layang tidak selalu segi empat. Kini, layang-layang dapat dibuat sesuai kreativitas pembuatnya. Layang-layang bisa berbentuk lingkaran, segi enam, bahkan hewan. Selain bentuk yang beranekaragam, layang-layang dapat dilengkapi gambar dan warna yang menarik. Biasanya, layang-layang seperti itu dapat menjadi daya tarik pariwisata dan dapat dijadikan cendera mata.
    Sejak tahun 1970-an, bentuk layang-layang selalu dimodifikasi oleh para seniman. Ukurannya pun tidak lagi kecil, tetapi bisa sangat besar bahkan bisa mencapai bilangan meter. Terkadang layang-layang juga dibuat dalam bentuk tiga dimensi dan dimainkan menggunakan tali tambang sebagai pengganti benang sehingga harus dimainkan oleh beberapa orang sekaligus. Namun, layang-layang besar atau pun tiga dimensi seperti itu biasanya dimainkan oleh orang-orang dewasa dan dilombakan dalam suatu festival. Di Indonesia, lomba dan festival layang-layang bertaraf internasional sudah menjadi agenda tetap di sejumlah daerah, seperti di daerah Pangandaran dan Bali. Layang-layang dalam suatu festival dinilai berdasarkan bentuk, komposisi warna, keelokan gerak, bunyi gaungan, dan lama mengudara.


(Sumber: https://ensiklopediarkeologi.wordpress.com dengan penyesuaian)space 
 

Konsep-konsep apa sajakah yang mendukung tema teks tersebut?space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konsep yang mendukung tema teks tersebut adalah konsep-konsep yang berkaitan dengan deskripsi layang-layang sebagai permainan tradisional.space 

Pembahasan

Tema teks tersebut adalah permainan tradisional. Artinya, konsep-konsep yang mendukung tema teks tersebut adalah konsep-konsep yang berkaitan dengan deskripsi layang-layang sebagai permainan tradisional, mulai dari bahan dasar, bentuk, ukuran, hingga sejarahnya.

Dengan demikian, konsep yang mendukung tema teks tersebut adalah konsep-konsep yang berkaitan dengan deskripsi layang-layang sebagai permainan tradisional.space 

31

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Lalu, bagaimana liburanmu? Aku tunggu ya kabarmu!   Bagian surat pribadi di atas bertujuan untuk ….

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia