RoboguruRoboguru
SD

Konklusi disajikan dalam paragraf...

Pertanyaan

Bacalah teks diskusi berikut dengan saksama!


Dampak Positif dan Negatif Facebook

(1) Saat ini sedang marak adanya situs jejaring sosial. Salah satunya facebook. Facebook didirikan pertama kali tahun 2004 di Amerika oleh seorang anak muda bernama Mark Zuckeberg. Jejaring sosial facebook ini ternyata menuai sukses. Penggunaannya kian banyak. Indonesia pada awal tahun 2013 tercatat menduduki urutan keempat pengguna facebook terbesar. Pengguna facebook ini tidak hanya orang dewasa, tetapi usia di bawah 17 tahun pun banyak. Penggunaan facebook ini menjadi pro dan kontra karena muncul permasalahan-permasalahan.

(2) Facebook memang memberikan beberapa manfaat. Melalui facebook kita dapat terhubung dengan orang-orang yang berada jauh dari kita. Kita dapat berkomunikasi dengan teman lama atau kenalan lama melalui facebook. Kita juga dapat mendapatkan teman baru melalui facebook. Facebook juga menjadi media untuk betbagi, bertukar pikiran, dan pendapat. Kita dapat menampilkan foto-foto sehingga keluaga atau teman kita yang jauh dapat melihatnya. Melalui facebook kita juga dapat berbisnis dengan mempromosikan dagangan kita. Itulah beberapa manfaat yang dapat diambil dari facebook.

(3) Namun, facebook ternyata tidak hanya membawa manfaat saja. Facebook juga menimbulkan masalah. Facebook dapat digunakan untuk menipu atau berbuat jahat. Sebagai contoh, banyaknya kasus perkosaan yang bermula dari perkenalan di facebook. Melalui facebook orang juga dapat men-download foto orang lain untuk digunakan dengan tidak semestinya. Facebook membuat para pelajar malas belajar karena perhatiannya tercurah pada facebook. Selain itu, karyawan juga jadi malas bekerja. Pada jam kerja, mereka malah asyik membuka situs facebook. Jadi, facebook ternyata juga membawa dampak buruk.

(4) Dampak positif dan negatif penggunaan facebook memang tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, kiranya yang dapat diatur adalah penggunaannya. Anak-anak sebaiknya tidak menggunakan facebook. Begitu pun remaja. Penggunaan facebook oleh remaja harus mendapat pengawasan. Jangan sampai kasus-kasus remaja yang dibohongi melalui facebook makin bertambah. Selain itu, gunakan facebook dengan sewajarnya saja. Jangan membicarakan aib atau hal-hal pribadi di facebook. Jangan sekali-sekali menampilkan foto atau video yang sifatnya pribadi. Kita harus menjaga privasi di facebook.space 

Konklusi disajikan dalam paragraf...space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

Teks diskusi adalah teks yang memuat pendapat baik pro maupun kontra mengenai suatu hal sehingga kedua pihak saling membahas topik yang menjadi persoalan dalam diskusi.

Teks diskusi terdiri dari tiga struktur, yaitu:

1. Isu/pendahuluan: berisi pernyataan atau pertanyaan mengenai topik diskusi.

2. Argumen: berisi pendapat pro atau kontra mengenai topik yang menjadi persoalan dalam diskusi, pendapat juga disertai dengan bukti dan alasan.

3. Simpulan: berisi pandangan akhir baik pro atau kontra mengenai topik yang menjadi persoalan dalam diskusi.

Konklusi adalah simpulan pendapat, dalam teks diskusi konklusi berada di struktur simpulan. Dalam teks diskusi di atas, konklusi berada di paragraf 4. Hal tersebut dibuktikan oleh kutipan, Dampak positif dan negatif penggunaan facebook memang tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, kiranya yang dapat diatur adalah penggunaannya. Pandangan akhir penulis terhadap topik yang sedang dibahas tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa dampak dari penggunaan facebook memang tidak dapat dihindari namun penggunanya dapat diatur untuk menggunakan facebook dengan lebih bijak. Maka, konklusi disajikan dalam paragraf 4.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

339

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Tulislah struktur teks diskusi di atas! Argumen mendukung: ....

65

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia