Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kongres yang dilaksanakan setelah Kongres Pemuda, yang kemudian tanggal pelaksanaannya diperingati sebagai Hari Ibu adalah ...

Kongres yang dilaksanakan setelah Kongres Pemuda, yang kemudian tanggal pelaksanaannya diperingati sebagai Hari Ibu adalah ...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cikal bakal hari Ibu adalah diadakannya Kongres Perempuan I.

cikal bakal hari Ibu adalah diadakannya Kongres Perempuan I.

Iklan

Pembahasan

Diadakannya Kongres Pemuda II yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda nampaknya ikut menyemangati perjuangan organisasi pergerakan perempuan di Indonesia. Se-ide dengan pelaksanaan Kongres Pemuda II,kemudian organisasi-organisasi wanita yang telah berkembang di berbagai daerah di Indonsia itu mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Pendopo Joyodipuro yang dipimpin oleh Ny. R.A. Sukanto. Kongres itu diprakarsai oleh Ny. Sukoto, Nyi Hajar Dewantara, dan Nn. Suyatin. Kongres Perempuan Indonesia I bertujuan untuk menjalin persatuan di antara perkumpulan wanita, dan memajukan wanita. Dalam Kongres Perempuan Indonesia I itu dihadiri oleh 30 organisasi wanita. Kongres Perempuan Indonesia I itu merupakan bagian penting bagi Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia. Untuk mengenang sejarah kongres perempuan, maka setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. Dengan demikian, cikal bakal hari Ibu adalah diadakannya Kongres Perempuan I.

Diadakannya Kongres Pemuda II yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda nampaknya ikut menyemangati perjuangan organisasi pergerakan perempuan di Indonesia. Se-ide dengan pelaksanaan Kongres Pemuda II, kemudian organisasi-organisasi wanita yang telah berkembang di berbagai daerah di Indonsia itu mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Pendopo Joyodipuro yang dipimpin oleh Ny. R.A. Sukanto. Kongres itu diprakarsai oleh Ny. Sukoto, Nyi Hajar Dewantara, dan Nn. Suyatin.

Kongres Perempuan Indonesia I bertujuan untuk menjalin persatuan di antara perkumpulan wanita, dan memajukan wanita. Dalam Kongres Perempuan Indonesia I itu dihadiri oleh 30 organisasi wanita. Kongres Perempuan Indonesia I itu merupakan bagian penting bagi Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia. Untuk mengenang sejarah kongres perempuan, maka setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. 

Dengan demikian, cikal bakal hari Ibu adalah diadakannya Kongres Perempuan I.

806

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut tiga organisasi wanita yang tergabung dengan organisasi pergerakan nasional adalah ...

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia