Iklan

Iklan

Pertanyaan

Konflik di daerah tertentu antara kelompok suku bangsa asli dengan kelompok suku bangsa pendatang terjadi karena adanya sejumlah warga pendatang mendominasi beberapa bidang kehidupan secara tidak baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan masyarakat multikultural yang harmonis di daerah tersebut adalah ....

Konflik di daerah tertentu antara kelompok suku bangsa asli dengan kelompok suku bangsa pendatang terjadi karena adanya sejumlah warga pendatang mendominasi beberapa bidang kehidupan secara tidak baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan masyarakat multikultural yang harmonis di daerah tersebut adalah ....

  1. menghilangkan dendam antara anggota masyarakat

  2. mencapai kesepakatan dalam masyarakat melalui paksaan

  3. menyesuaikan kembali nilai dan norma yang berlaku

  4. menciptakan integrasi sosial secara paksa oleh negara

  5. mengubah kepribadian individu yang bertikai

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konflik di daerah tertentu antara kelompok suku bangsa asli dengan kelompok suku bangsa pendatang terjadi karena adanya sejumlah warga pendatang mendominasi beberapa bidang kehidupan secara tidak baik. Untuk mewujudkan kehidupan masyarakat multikultural yang harmonis, langkah yang dapat dilakukan masyarakat, yaitu dengan mengedepankan sikap empati, toleransi, dan saling menghargai perbedaan yang ada di masyarakat. Berdasarkan ilustrasi pada soal, upaya yang tepat dilakukan oleh kedua pihak yang berkonflik (penduduk asli dengan pendatang) dengan menyesuaikan kembali nilai dan norma yang berlaku sehingga tercapainya suatu konsensus bersama di antara masyarakat yang berkonflik. Konsensus di masyarakat akan terwujud apabila antarkelompok yang berbeda mengembangkan sikap empati, toleransi, dan saling menghargai sehingga tidak terjadinya dominasi suatu kelompok terhadap kelompok lain secara tidak baik atau dengan cara yang tidak dapat diterima.

Konflik di daerah tertentu antara kelompok suku bangsa asli dengan kelompok suku bangsa pendatang terjadi karena adanya sejumlah warga pendatang mendominasi beberapa bidang kehidupan secara tidak baik. Untuk mewujudkan kehidupan masyarakat multikultural yang harmonis, langkah yang dapat dilakukan masyarakat, yaitu dengan mengedepankan sikap empati, toleransi, dan saling menghargai perbedaan yang ada di masyarakat.

Berdasarkan ilustrasi pada soal, upaya yang tepat dilakukan oleh kedua pihak yang berkonflik (penduduk asli dengan pendatang) dengan menyesuaikan kembali nilai dan norma yang berlaku sehingga tercapainya suatu konsensus bersama di antara masyarakat yang berkonflik. Konsensus di masyarakat akan terwujud apabila antarkelompok yang berbeda mengembangkan sikap empati, toleransi, dan saling menghargai sehingga tidak terjadinya dominasi suatu kelompok terhadap kelompok lain secara tidak baik atau dengan cara yang tidak dapat diterima.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

126

Aqlisya Dwina

Pembahasan lengkap banget

Rudolph Einstein

Makasih ❤️ dengan jawaban kak Nur, literasi di indonesia akan meningkat

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan bentuk kebijakan yang dapat mempercepatproses integrasi sosial adalah....

43

3.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia