Roboguru

Konferensi Asia-Afrika yang terlaksana pada 18-24 April 1955 diikuti oleh negara-negara dunia ketiga dan negara-negara yang baru merdeka. Jelaskan latar belakang pelaksanaan konferensi tersebut!

Pertanyaan

Konferensi Asia-Afrika yang terlaksana pada 18-24 April 1955 diikuti oleh negara-negara dunia ketiga dan negara-negara yang baru merdeka. Jelaskan latar belakang pelaksanaan konferensi tersebut!undefined 

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika diadakan pada 18-24 April 1955 di Bandung, Jawa Barat. KTT ini diresmikan oleh Presiden Sukarno dan diketuai Perdana Menteri Ali Sastromijoyo. Gagasan untuk melaksanakan Konferensi Asia Afrika dipengaruhi oleh beberapa latar belakang, diantaranya adalah terjadinya Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur serta penjajahan di Asia dan Afrika. KAA diikuti oleh negara-negara yang baru memperoleh kemerdekaan. KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Burma (Myanmar), Ceylon (Srilanka), India dan Pakistan. Menteri Luar Negeri Indonesia Sunario sebagai koordinator. Sebanyak 24 negara di Asia dan Afrika menghadiri KAA 1955. KAA menghasilkan sepuluh poin yang disebut Dasasila Bandung yang berisi pernyataan mengenai dukungan bagi kerukunan dan kerja sama dunia.

Dengan demikian, latar belakang dan dasar pertimbangan diadakannnya KAA  terjadinya Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur serta penjajahan di Asia dan Afrika, kekhawatiran akibat pengembangan senjata nuklir, PBB belum berhasil menyelesaikan berbagai persoalan dunia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setelah Konferensi Kolombo, Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo mulai menyusun program pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika. Tokoh yang membantu Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo menyusun program pelaks...

Pembahasan Soal:

Setelah Konferensi Kolombo, Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo mulai menyusun program pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika bersama Menteri Luar Negeri  Indonesia, Sunario. Kedua tokoh tersebut mulai menjajaki kemungkinan diadakannya Konferensi Asia-Afrika dengan menghubungi negara-negara di Benua Asia dan Afrika.

Dengan demikian Menteri Luar Negeri yang membantu Perdana Menteri Ali Sastroamijoyo adalah Sunario 

0

Roboguru

Konferensi Asia-Afrika yang dihadiri oleh beberapa negara di Asia dan Afrika terlaksana pada 18-24 April 1955. Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika dilatarbelakangi oleh ...

Pembahasan Soal:

Latar belakang Konferensi Asia Afrika adalah adanya kekuatan besar yang mendominasi dunia setelah Perang Dunia II. Kekuatan besar yang dimaksud yaitu Blok Barat dan Blok Timur. Negara dari Blok Barat dipimpin oleh Amerika Serikat mendirikan NATO (North Atlantic Treaty Organization) yang anggotanya terdiri dari 12 negara meliputi AS, Perancis, Inggris, Portugal, Norwegia, Italia, Belgia, Luksemburg, Kanada, Belanda, Denmark dan Islandia. Sementara negara dari Blok Timur membuat aliansi militer bernama Pakta Warsawayang  didirikan pada tahun 1955. Pakta Warsawa dipimpin oleh Uni Soviet dengan anggotanya terdiri dari 7 negara, yaitu Polandia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Jerman Timur, dan Cekoslovakia. Kedua aliansi ini saling memperebutkan pengaruh besar di dunia, baik dibidang politik, ekonomi dan militer. Periode ini disebut dengan Perang Dingin.

Akibat dari Perang Dingin adalah negara-negara di dunia menjadi terpecah, seperti Vietnam, Korea dan Jerman, sehingga menjadi dua wilayah yang saling bermusuhan. Kekhawatiran perpecahan yang diakibatkan Perang Dingin mendorong beberapa negara Asia dan Afrika berinisiatif untuk mewujudkan politik bebas aktif. Langkah yang dilakukan yaitu menyelenggarakan KAA Konferensi Asia Afrika. Tokoh pelopor dari lima negara KAA, yaitu Ali Sastroamidjojo (Indonesia), Mohammad Ali Bogra (Pakistan), Jawaharlal Nehru (India), U Nu (Myanmar), dan Sir John Kotelawala (Sri Langka).

Jadi jawabannya adalah C.

0

Roboguru

Sebutkan peranan Indonesia dalam Konferensi Asia-Afrika!

Pembahasan Soal:

Dalam pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika Indonesia berperan penting karena KAA terjadi atas usulan dari Ali Sastroamidjojo, yaitu Perdana Menteri Indonesia. Selain itu, Indonesia menjadi tempat berlangsungnya konferensi tersebut, Indonesia juga salah satu negara yang ingin bangsanya hidup setara serta maju di berbagai bidang dan tidak ingin tertindas oleh negara Barat.

Jadi, peranan Indonesia dalam Konferensia Asia-Afrika adalah sebagai pengusul KAA dan menyediakan berlangsungnya konferensi.

0

Roboguru

Sebutkan 3 pokok agenda pembicaraan Konferensi Asia-Afrika!

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia-Afrika yang digelar di Bandung pada tahun 1955 membicarakan tiga agenda pokok, yaitu sebagai berikut.

  1. Hak asasi manusia dan hak menentukan nasib sendiri. masih banyak negara yang masih dijajah dan banyak negara Asia-Afrika yang belum merdeka.
  2. Masalah kolonialisme dan imperialisme. Asia Afrika masih dibayang-bayangi oleh Kolonialisme dan Impearisme yang dilakukan oleh orang Barat. 
  3. Masalah perdamaian dunia dan kerja sama internasional. Negara Asia Afrika membuat suatu kerja sama yang menguntungkan antar negara baik kerjasama Budaya, ekonomi, maupun sosial. 

Jadi, tiga agenda pembicaraan Konferensi Asia-Afrika adalah mengenai HAM, masalah kolonialisme dan imperialisme, serta perdamaian dan kerja sama internasional.

0

Roboguru

Indonesia telah menunjukkan perannya untuk ikut menciptakan perdamaian dunia melalui penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika pada masa Perang Dingin. Peran Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika secara...

Pembahasan Soal:

Peran Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika secara umum adalah memprakarsai untuk mengadakan Konferensi dan menjadi tuan rumah penyelenggaraan yang saat itu dilaksanakan di Bandung pada tahun 1955.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved