Roboguru

Konferensi Asia-Afrika (KAA) dapat dianggap sebagai embrio Gerakan Non-Blok. Anggapan tersebut muncul karena....

Pertanyaan

Konferensi Asia-Afrika (KAA) dapat dianggap sebagai embrio Gerakan Non-Blok. Anggapan tersebut muncul karena....

  1. Penyelenggaraan KAA dilatarbelakangi oleh Konferensi Kolombo

  2. Negara peserta KAA dipimpin oleh tokoh-tokoh revolusioner

  3. Semangat Dasasila Bandung memengaruhi pandangan dunia

  4. Indonesia berperan aktif dalam KAA dan pembentukan GNB

  5. Peserta KAA berasal dari negara-negara berkembang

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

KAA (Konferensi Asia Afrika) merupakan salah satu pemikiran yang diajukan dalam konferensi Colombo. Tujuan diadakannya KAA ini adalah untuk membicarakan kerjasama ekonomi, budaya, hak asasi manusia dan hak menentukan nasib sendiri, masalah bangsa-bangsa yang belum merdeka, perdamaian dunia dan kerjasama internasional, dan deklarasi tentang memajukan perdamaian dunia. Akhirnya KAA menghasilkan sebuah kesepakatan deklarasi yang dikenal Dasasila Bandung.

Salah satu upaya untuk menerapakan Dasasila Bandung perlu dilakukannya pembentukan aliansi baru untuk membendung blok barat dan blok timur, mencegah neokolonialisme atau imperlialisme baru yang sedang marak pada masa Perang Dingin. Untuk merealisasikannya, pada tanggal 1-6 September 1961 diadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Beograd, Yugoslavia. KTT tersebut merupakan cikal bakal berdirinya GNB (Gerakan Non Blok) yang diprakarsai oleh 5 negara, yakni Indonesia, India, Yugoslavia, Ghana, dan Mesir. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dampak Konferensi Asia Afrika terhadap eksistensi kehidupan bangsa Mesir adalah ...

Pembahasan Soal:

Mesir adalah salah satu peserta Konferensi Asia Afrika (KAA). Adapun dampak besar KAA terhadap eksistensi kehidupan bangsa Mesir adalah Mesir berani melakukan nasionalisasi Terusan Suez yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Inggris. Sejarah mencatat bahwa pada 26 Juli 1956, Presiden Gamal Abdel Nasser menasionalisasi Terusan Suez di Mesir. Hal ini sempat menjadi perbincangan yang sangat hangat. Sebab, Inggris, memiliki saham terbesar di Terusan Suez. Meski di awal sempat menimbulkan ketegangan antara tentara Mesir dengan tentara Inggris, tentara Prancis, dan tentara Israel, namun pada akhirnya dunia internasional melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berpihak pada Mesir dan Terusan Suez secara resmi berada dalam kedaulatan Mesir.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Bukti nyata bahwa prinsip-prinsip yang dilahirkan dalam Konferensi Asia Afrika ditindaklanjuti oleh bangsa-bangsa Asia dan Afrika adalah ....

Pembahasan Soal:

Sejarah mencatat bahwa setelah KAA, banyak konferensi yang diadakan oleh organisasi-organisasi di negara-negara Asia dan Afrika. Contohnya seperti Konferensi Mahasiswa Universitas Asia-Afrika, Konferensi Solidaritas Rakyat Asia-Afrika, Konferensi Jurnalis Asia-Afrika, dan Konferensi Islam Asia-Afrika. Konferensi-konferensi yang diadakan tersebut menjadi bukti bahwa prinsip-prinsip KAA dikobarkan di berbagai negara-negara Asia dan Afrika. Konferensi lanjutan juga merupakan wujud konkret berbagai organisasi Asia-Afrika untuk merawat solidaritas dan permdamaian dunia, khususnya di benua Asia dan Afrika.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung tahun 1955 berpengaruh besar bagi dunia internasional, di antaranya adalah ..

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia-Afrika yang dilangsungkan di Bandung, melahirkan deklarasi yang disebut Dasasila Bandung. Pada konferensi ini, pemimpin dari 29 ri'egara mendeklarasikan komitmen untuk tidak terlibat dalam konfrontasi Blok Barat dan Blok Timur. Lebih daripada itu, konferensi ini juga berhasil menyatukan solidaritas, persatuan dan kerja sama antara negara-negara Asia dan Afrika untuk membendung pengaruh persaingan dua kubu dalam Perang Dingin, yakni Blok Barat dan Timur. Pemikiran tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Gerakan Non-Blok.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Konferensi Asia Afrika berdampak pada berubahnya konstelasi politik dunia saat itu. Maksudnya adalah ….

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia Afrika berdampak pada munculnya solidaritas antar negara-negara Asia dan Afrika. Solidaritas Asia Afrika merubah konstelasi politik dunia saat itu. Dunia yang pada awalnya didominasi oleh dua kekuatan adidaya yaitu Blok Barat dan Blok Timur dikejutkan dengan munculnya kekuatan baru yang disebut negara Dunia Ketiga. Negara Dunia Ketiga merupakan kekuatan negara-negara Asia-Afrika yang bersikap netral terhadap persaingan dua negara adidaya dalam Perang Dingin. Sekaligus negara-negara Dunia Ketiga juga mempromosikan perdamaian dunia.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved