Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kondisi yang aman dari ancaman pihak luar, dinamis dan teratur dalam menjalani kehidupan dimana setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajibannya, merupakan unsur-unsur terwujudnya...

Kondisi yang aman dari ancaman pihak luar, dinamis dan teratur dalam menjalani kehidupan dimana setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajibannya, merupakan unsur-unsur terwujudnya...

  1. interaksi sosial

  2. integrasi sosial

  3. keajegan sosial

  4. dinamika sosial

  5. keteraturan sosial

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Suatu kondisi aman dari pihak ancaman luar, dinamis dalam menjalani kehidupan dimana setiap warga melaksanakan hak dan kewajibannya adalah unsur-unsur bagi terwujudnya keteraturan sosial (opsi C). Terdapat empat unsur keteraturan sosial. Terpenuhinya keempat unsur tersebut berarti terciptanya keteraturan dalam masyarakat. Berikut adalah unsur-unsur lain terciptanya keteraturan sosial: Order sosial: keteraturan sosial yang tercipta dari sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat Tertib sosial: keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid. Keajegan: keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat. Pola: corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, santri yang cium tangan ketika bertemu kyai.

Suatu kondisi aman dari pihak ancaman luar, dinamis dalam menjalani kehidupan dimana setiap warga melaksanakan hak dan kewajibannya adalah unsur-unsur bagi terwujudnya keteraturan sosial (opsi C). Terdapat empat unsur keteraturan sosial. Terpenuhinya keempat unsur tersebut berarti terciptanya keteraturan dalam masyarakat.

Berikut adalah unsur-unsur lain terciptanya keteraturan sosial:

Order sosial: keteraturan sosial yang tercipta dari sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat

Tertib sosial: keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid.

Keajegan: keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat.

Pola: corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, santri yang cium tangan ketika bertemu kyai.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu keadaan dimana cara berpikir, berperasaan, bertndak dan berinteraksi warga sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku sangat berpengaruh bagi terwujudnya..

305

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia