Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kondisi yang aman dari ancaman pihak luar, dinamis dan teratur dalam menjalani kehidupan dimana setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajibannya, merupakan unsur-unsur terwujudnya ....

Kondisi yang aman dari ancaman pihak luar, dinamis dan teratur dalam menjalani kehidupan dimana setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajibannya, merupakan unsur-unsur terwujudnya ....

  1. interaksi sosial

  2. integrasi sosial

  3. keajegan sosial

  4. dinamika sosial

  5. keteraturan sosial

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Keteraturan sosial merupakan kondisi di mana dalam ineteraksi sosial setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan peran yang dimilikinya serta sesuai dengan nilai dan norma. Keteraturan sosial tidak statis, melainkan dinamis karena pada dasarnya manusia atau masyarakat itu dinamis atau berubah-ubah sehingga keteraturan itu harus diusahakan tercipta di masyarakat. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu : Interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompokyang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Integrasi sosial merupakan proses pembauran atau penyatuan unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah. Dinamika sosial merupakan suatu proses perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat akibat adanya hubungan yang dilakukan antarmasyarakat.

Keteraturan sosial merupakan kondisi di mana dalam ineteraksi sosial setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan peran yang dimilikinya serta sesuai dengan nilai dan norma. Keteraturan sosial tidak statis, melainkan dinamis karena pada dasarnya manusia atau masyarakat itu dinamis atau berubah-ubah sehingga keteraturan itu harus diusahakan tercipta di masyarakat.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu.
  • Integrasi sosial merupakan proses pembauran atau penyatuan unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan utuh.
  • Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah.
  • Dinamika sosial merupakan suatu proses perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat akibat adanya hubungan yang dilakukan antarmasyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

65

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu keadaan dimana cara berpikir, berperasaan, bertindak dan berinteraksi warga sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku sangat berpengaruh bagi terwujudnya ....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia