Roboguru

Kondisi penduduk: jumlah penduduknya terbanyak di dunia sebagian besar penduduknya tergolong usia produktif mata pencaharian mayoritas penduduknya masih mengandalkan sektor pertanian Pernyataan di atas menggambarkan kondisi penduduk di benua....

Pertanyaan

Kondisi penduduk:

  1. jumlah penduduknya terbanyak di dunia
  2. sebagian besar penduduknya tergolong usia produktif
  3. mata pencaharian mayoritas penduduknya masih mengandalkan sektor pertanian

Pernyataan di atas menggambarkan kondisi penduduk di benua....

  1. Asia

  2. Amerika
  3. Afrika

  4. Eropa

Pembahasan Soal:

Benua menurut Setiawan, Iwan,dkk. dalam bukunya Ilmu Pengetahuan Sosial, merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Penduduk Asia tersebar tidak merata. Beberapa negara di Asia merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, seperti China, India, dan Indonesia. Benua Asia memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Jumlah penduduknya terbanyak di dunia seperti di Negara RRC, India, dan Indonesia.
  2. Sebagian besar penduduknya tergolong usia produktif.
  3. Mata pencaharian mayoritas penduduknya masih mengandalkan sektor pertanian karena wilayhnya yang subur.
  4. Terdapat negara-negara penghasil minyak bumi terbesar, terutama negara-negara di kawasan Jazirah Arab.
  5. Banyak terdapat bangunan bernilai sejarah, bahkan dapat digolongkan sebagai tujuh keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar di RRC, Kakbah di Mekah (Arab Saudi), Taj Mahal di India, dan Candi Borobudur di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Silvia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut! Keragaman etnik di Benua Eropa terdapat pada kolom....

Pembahasan Soal:

Benua Eropa terletak pada 90 BB–600 BT dan 350 LU–800 LU. Penduduk Eropa sangat beragam, namun sebagian besar penduduknya termasuk keturunan induk bangsa Kaukasoid yang terbagi menjadi beberapa suku bangsa. Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, penduduk Eropa dikelompokkan menjadi lima suku bangsa, yaitu sebagai berikut.

  • Bangsa Nordik, ciri fisik suku bangsa ini memiliki rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka, sempit. Mereka banyak tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara, yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman bagian utara.
  • Bangsa Alpen, ciri fisik memiliki rambut hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi. Suku bangsa ini banyak terdapat di Eropa Tengah dan Eropa Selatan, yaitu Perancis, Swiss, Polandia, Austria, dan Jerman bagian selatan.
  • Bangsa Mediteran, ciri fisik memiliki rambut hitam, mata hitam, badan dan tengkorak menyerupai bangsa Nordik, terdapat di kawasan Eropa Selatan, yaitu Yunani, Italia, Portugis, dan Spanyol.
  • Bangsa Slavia, ciri fisik menyerupai bangsa Alpen. Mereka banyak tinggal di Eropa Timur yaitu Kroasia, Bulgaria, Serbia, Montonegro, Ceko, Rusia, Ukraina, dan Slovakia.
  • Bangsa Dinarik, ciri memiliki rambut gelap dan banyak terdapat di Rumania.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Walaupun termasuk negara dengan padang pasir yang luas dan unta yang banyak, Arab Saudi tetap kekurangan unta saat menjelang hari raya Idhul Adha karena permintaan unta yang meroket. Untuk memenuhi ke...

Pembahasan Soal:

Untuk memenuhi kebutuhan daging unta pada momen-momen tertentu seperti menjelang Idhul Adha, Arab Saudi harus mengimpor unta dari negara lain. Pada awalnya, Arab Saudi mengimpor unta dari negara-negara di Afrika Utara, namun karena ketidakstabilan ekonomi-politik di negara-negara tersebut dan adanya wabah penyakit hewan, Arab Saudi akhirnya memutuskan untuk mengalihkan pembelian untanya ke Australia. Pembelian unta Arab Saudi dari Australia masih berlangsung hingga saat ini.

0

Roboguru

Setiap ruang di permukaan bumi memiliki kekhasan masing-masing. Perbedaan karakter setiap ruang di permukaan bumi akan menimbulkan...

Pembahasan Soal:

Setiap ruang di permukaan bumi yang memiliki ciri atau karakteristik sendiri yang membedakannya dari wilayah lain di sekitarnya. Adapun karakteristik khas pada suatu wilayah meliputi aspek fisik dan sosial budaya.

Perbedaan antarruang tersebut menyebabkan adanya interaksi antar satu ruang dengan lainnya, karena setiap ruang membutuhkan ruang lainnya dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space  

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan faktor penyebab terjadinya interaksi antarruang di dunia adalah ....

Pembahasan Soal:

Terjadinya interaksi antarruang di dunia dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut, yaitu kondisi saling membutuhkan, adanya intervensi yang terjadi, dan kemudahan transfer.space 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jerman adalah salah satu negara maju yang terkenal dengan hasil industri. Salah satu hasil industri yang berasal dari Jerman adalah mobil VW yang diproduksi di....

Pembahasan Soal:

Jerman adalah salah satu negara maju yang terkenal dengan hasil industri. Salah satu hasil industri yang berasal dari Jerman adalah mobil VW yang diproduksi di kota Lower Suxony. Lower Suxony merupakan kota yang terletak di Jerman bagian tengah. Penduduknya berjumlah 123.144 jiwa. Kota ini berada di Sungai Alle, sebelah utara Braunschweig, dan terutama dikenal sebagai pusat Volkswagen AG. Lower Suxony berbatasan dengan Distrik Gifhorn dan Helmstedt.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved