Roboguru

Kondisi alam pedesaan yang indah dan beragam dapat membantu upaya realisasi pemerataan pembangunan di desa, potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan cara ….

Pertanyaan

Kondisi alam pedesaan yang indah dan beragam dapat membantu upaya realisasi pemerataan pembangunan di desa, potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan cara ….

  1. penjualan lahan ke penduduk kota

  2. dijadikan aset investasi

  3. pembangunan industri setengah jadi

  4. pemanfaatan pariwisata

  5. pembangunan area pertambangan

Pembahasan Soal:

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merealisasikan pemerataan pembangunan adalah pemanfaatan pariwisata. Karena kekayaan alam desa yang indah dan beragam, banyak daerah di Indonesia memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata. Jika suatu daerah menjadi kawasan wisata yang layak, tentu akan mendatangkan banyak pengunjung dan memicu pembangunan infrastruktur serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi penduduk setempat. Hal ini akan membuat penduduk pedesaan di kawasan wisata mengalami peningkatan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan, serta menurunkan tingkat pengangguran. Dengan hal ini, diharapkan pembangunan akan menjadi lebih merata dan dapat menurunkan tingkat urbanisasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 03 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya memberikan kesempatan yang sama bagi tiap warga masyarakat di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan kelompok masyarakat atau daerah tertinggal d...

Pembahasan Soal:

Pemerataan pembangunan dapat dikatakan sebagai wujud pelaksanaan demokrasi sosial. Pemerataan pembangunan ini dilakukan dengan memberikan kesempatan yang sama bagi tiap warga negara Indonesia untuk menyumbangkan karyanya, memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, serta mengembangkan kegiatan di semua aspek kehidupan masyarakat. Pemerataan pembangunan ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan kelompok masyarakat, terutama di daerah tertinggal.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah. SEBAB Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa meliputi kegiatan perdagangan antarwil...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar

Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah.

Alasan benar

Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa meliputi kegiatan perdagangan antarwilayah menyebabkan ketimpangan.

Pembangunan insfrastruktur yang baik merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah. Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah.

Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa merupakan salah satu penyebab terjadinya ketimpangan pembangunan antarwilayah. 

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa alasan dan pernyataan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubugan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Desa-desa yang berada di Kabupaten Gunungkidul susah mengembangkan aktivitas pertanian di desanya. Hal ini dikarenakan desa-desa tersebut berada dalam kawasan pegunungan kapur yang kering dan tandus. ...

Pembahasan Soal:

Morfologi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan ketimpangan di desa. Bentang alam di desa ini dapat memberikan pengaruh berbeda terhadap kehidupan masyarakatnya. Contohnya adalah desa di wilayah pegunungan kapur akan sulit mendapatkan air bersih dan juga sulit untuk mengembangkan kegiatan pertanian di sana karena kondisi tanahnya yang kering dan tandus. Kasus ini dapat ditemukan di wilayah pegunungan kapur, seperti di Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut ini yang menjadi kendala bagi Indonesia sebagai sebuah negara dalam merealisasikan pemerataan pembangunan adalah ….

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara dengan jumlah pulau yang banyak, sumber daya alam melimpah dan iklim tropis yang relatif bersahabat. Namun, disisi lain terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh penduduk yang tinggal di dalamnya, tantangan tersebut salah satunya merupakan pemerataan pembangunan kota-kota yang terdapat di Indonesia. 
Dengan kondisi geografis negara kepulauan maka akan sulit merealisasikan pemerataan pembangunan, karena distribusi barang, jasa dan manusia harus melewati bentangan selat-selat yang memisahkan. Dengan terputus-putusnya jalur darat tersebut, maka untuk mempermudah pembangunan harus ditempuh dengan sarana transportasi lain seperti kapal maupun pesawat yang memerlukan sarana dan prasarana yang tidak murah untuk dibangun. Pembangunan infrastruktur seperti jembatan juga memerlukan dana dan waktu yang tidak sebentar. Oleh karenanya, bentuk Negara kepulauan memang merupakan suatu tantangan bagi Indonesia untuk merealisasikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayahnya tanpa terkecuali. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
 

0

Roboguru

Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan tingkat perekonomian penduduk desa adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa adalah dengan membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan. Dengan kondisi infrastruktur yang layak dan memadai, masyarakat desa dapat mendistribusikan hasil pertanian dan perkebunannya ke wilayah lain dengan lancar. Selain itu, masyarakat desa juga bisa lebih mudah mendapatkan barang-barang dari wilayah lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan lancarnya proses distribusi barang, maka diharapkan perekonomian masyarakat desa makin berkembang.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved