Roboguru

Komite perdagangan dan pariwisata (committee on Trade and Tourism) berkedudukan di...

Pertanyaan

Komite perdagangan dan pariwisata (committee on Trade and Tourism) berkedudukan di...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Committee on Trade and Tourism atau dikenal sebagai COTT merupakan komite yang memiliki fokus utama dalam bidang perdagangan dan pariwisata. Komite ini berkedudukan di Singapura. Sama seperti komite lainnya dalam mengemban tugas dan demi mencapai tujuan bersama, maka komite melakukan berbagai kegiatan yang dapat mendukung terlaksananya tugas dan tujuan. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan perjanjian antara negara ASEAN dan mengadakan promosi bidang kepariwisataan yang ada di negara-negara ASEAN pula. Singapura menjadi lokasi dari komite ini, karena negara tersebut merupakan salah satu pelabuhan yang penting di dunia. Selain itu sebagai satu-satunya negara maju di kawasan regional Asia Tenggara, Singapura juga memiliki ekonomi pasar yang maju terutama dalam bidang perdagangan. Bersama Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong, Singapura disebut sebagai Empat Macan Asia. Tidak hanya itu Singapura juga menjadi tujuan wisata yang paling banyak diminati. Beberapa destinasi yang menarik di negara yang merupakan pusat bisnis Asia Tenggara tersebut adalah Singapore Zoological Gardens dan Night Safari. Ada pula Jurong Bird Park dan Pulau Sentosa yang menjadi daya tariknya.

Dengan demikian, komite perdagangan dan pariwisata (committee on Trade and Tourism) berkedudukan di Singapura.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN kesembilan yang berangsung di Bali, Indonesia menghasilkan sebuah tiga keputusan penting. Salah satunya .…

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN kesembilan berlangsung di Bali dan menghasilkan tiga keputusan penting, salah satu di antaranya adalah pembentukan komunitas ASEAN (ASEAN Economic Community). Komunitas Ekonomi ASEAN diproyeksikan sebagai bentuk entitas ekonomi terpadu Asia Tenggara. Tujuan utama AEC adalah untuk menciptakan kawasan ekonomi ASEAN yang stabil, makmur, dan berdaya saing tinggi, di mana ada arus barang, jasa, investasi, dan aliran modal yang lebih bebas. undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Organisasi perdagangan untuk melindungi produsen dalam negeri di kawasan ASEAN adalah ...

Pembahasan Soal:

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah sebuah langkah kongkrit berbagai negara di Asia Tenggara dalam menghadapi perdagangan bebas yang terjalin antar negara-negara ASEAN.

Tujuan utama dari Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah untuk menghadirkan pemerataan dalam bidang ekonomi masyarakat ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini dilatarbelakangi oleh persiapan menghadapi globalisasi ekonomi dan perdagangan melalui ASEAN Free Trade Area (AFTA) serta menghadapi persaingan global terutama dari China dan India.

kegiatan MEA adalah mengadakan kerjasama negara" Asia Tenggara, mempererat hubungan negara MEA, dan memajukan kegiatan ekonomi antar negara.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah Dspace space 

0

Roboguru

Apa peran indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Pembahasan Soal:

Terdapat 4 peran yang dilakukan Indonesia di bidang ekonomi di ASEAN:
1. Menjadi pelopor terbentuknya AFTA (ASEAN Free Trade Area) 1992. AFTA bertujuan menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif, sehingga produk-produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global. Dengan adanya AFTA, negara-negara di ASEAN tetap bisa memberlakukan tarif terhadap barang-barang impor, namun khusus barang-barang impor dari sesama ASEAN tarifnya ditekan menjadi 0 sampai 5 persen saja.
2. Ikut serta dalam mendirikan industri pupuk ASEAN di Aceh
3. Ikut serta menjadi penyedia cadangan makanan pangan untuk ASEAN
4. Menjadi pelopor terbentuknya ASEAN Economic Community (AEC)/Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan utama MEA dalah menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, yang mana terjadi arus barang, jasa, investasi, tenaga terampil, dan aliran modal yang lebih bebas.

Dengan demikian peran Indonesia di bidang ekonomi ASEAN adalah menjadi pelopor terbentuknya AFTA dan MEA, ikut serta dalam mendirikan industri pupuk Asean, dan turut menjadi penyedia cadangan makanan ASEAN

0

Roboguru

Salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN untuk menghadapi pasar tunggal ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah kerja sama dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini ...

Pembahasan Soal:

Dalam rangka menghadapi pasar tunggal ASEAN atau dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ASEAN melakukan sejumlah kerja sama yang mencakup berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut antara lain adalah bidang pertanian dan kehutanan, energi dan mineral, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bagi Indonesia, adanya MEA memberikan berbagai peluang baru yang harus dimanfaatkan dengan mengingat banyaknya penduduk dan untuk meningkatkan daya beli masyarakat di ASEAN. Dampak positif yang dirasakan Indonesia dalam bidang perdagangan adalah berkurangnya segala bentuk hambatan atau bahkan menjadi tidak ada. Bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, MEA dapat meningkatkan jumlah produksi barang lokal ke mancanegara dengan harga yang sangat tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Organisasi internasional memiliki peran yang sangat penting bagi setiap negara, salah satunya ialah dapat meningkatkan kesejahteraan negara anggota-anggotanya. Salah satu organisasi internasional yang...

Pembahasan Soal:

ASEAN adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi dan geo-politik antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN punya 10 anggota yaitu negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara. Adapun dampak karena Indonesia tergabung dalam ASEAN salah satunya adalah Indonesia jadi lebih mudah jika ingin melakukan perdagangan dan investasi sesama negara anggota ASEAN. Yang dimaksud lebih mudah adalah peraturannya yang lebih gampang, biaya impor yang dikurangin agar lebih murah, dan kuota barang yang diimpor boleh lebih banyak daripada biasanya. Salah satu perwujudan dari kerja sama antaranggota ASEAN di bidang ekonomi ini adalah bergabungnya Indonesia dengan MEA. MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA merupakan pasar bebas di kawasan asia tenggara. Dalam MEA, seluruh negara anggota diperbolehkan menjual barang dan jasa ke seluruh anggota tanpa tarif. Selain barang-barang, jasa juga termasuk dalam kategori yang "dijual" di MEA. Oleh karena itu muncul tenaga kerja profesional dari luar negeri, misalnya dokter, akuntan, pengacara bahkan guru. Selain itu, MEA memungkinkan negara-negaranya untuk membentuk pasar tunggal sehingga kompetisi meningkat diantara anggota. Tidak hanya itu, dengan dilaksanakannya MEA, terutama di indonesia, akan terjadi peningkatan kapasitas ekspor produk lokal ke mancanegara dan meningkatkan devisa negara. MEA memberikan akses lebih mudah untuk para investor agar secara langsung dan tanpa hambatan dapat menjalankan investasinya di berbagai sektor, terutama sektor ekonomi. Selain itu, kehadiran MEA menyebabkan semakin luas dan lebarnya peluang wirausaha yang kreatif dan berdaya saing tinggi.

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved