Iklan

Iklan

Pertanyaan

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)merilis bangkai pesawat sukhoi yang jatuh pada Rabu, 9 Mei 2012 berada di ketinggian 5.100 kaki dari permukaan laut pada titik koordinat6 0 43 ’ 08 ’’ LS dan 106 0 43 ’ 15 ’’ BT. Konsep geografi yang berkaitan dengan informasi tersebut adalah ...

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis bangkai pesawat sukhoi yang jatuh pada Rabu, 9 Mei 2012 berada di ketinggian 5.100 kaki dari permukaan laut pada titik koordinat 60 43 08’’ LS dan 1060 4315’’ BT.

Konsep geografi yang berkaitan dengan informasi tersebut adalah ...

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep morfologi

  4. konsep aglomerasi 

  5. konsep pola

Iklan

N. Vardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Dalam kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada. Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif. Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi Konsep pola adalahbentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagaitatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya. Pernyataan menunjukkan adanya lokasi bangkai pesawat Sukoi yang jatuh dengan pada titik koordinat 6 0 43 ’ 08 ’’ LS dan 106 0 43 ’ 15 ’’ BT. Konsep yang sesuai dengan pernyatan ini adalah konsep lokasi dengan menekankan pada lokasi absolut. Lokasi absolut adalah letak suatu daerah dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Keadaan lokasi absolut bersifat statis dan tidak dapat berubah karena berpedoman pada garis astronomi bumi.

  • Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Dalam kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.
  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Pernyataan menunjukkan adanya lokasi bangkai pesawat Sukoi yang jatuh dengan pada titik koordinat 60 43 08’’ LS dan 1060 4315’’ BT. Konsep yang sesuai dengan pernyatan ini adalah konsep lokasi dengan menekankan pada lokasi absolut. Lokasi absolut adalah letak suatu daerah dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Keadaan lokasi absolut bersifat statis dan tidak dapat berubah karena berpedoman pada garis astronomi bumi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan hubungan harga tanah dengan letak dan jarak!

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia