Roboguru

Pertanyaan

Kita mengenal bahwa rumus kimia air adalah begin mathsize 14px style H subscript 2 O space end styledan amonia adalah begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style. Mengapa 1 atom O mengikat 2 atom H sedangkan 1 atom N mengikat 3 atom H? 

J. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

air dan amonia memiliki rumus kimia begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style sesuai dengan kestabilan senyawa yang dibentuk.

Pembahasan

Untuk menjelaskan bentuk ikatan kimia dalam senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 O space end styledan begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style, kita dapat menggunakan konsep ikatan kimia yang berkaitan dengan kaidah duplet dan kaidah oktet.

  • Suatu unsur dapat stabil dengan mengikuti kaidah duplet yakni memiliki dua (2) elektron disekitar atom tersebut.
  • Suatu unsur dapat stabil dengan mengikuti kaidah oktet yakni memiliki delapan (8) elektron disekitar atom tersebut.

Dalam molekul begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style, atom O bertindak sebagai atom pusat dan atom H sebagai atom terikat. Atom O memiliki nomor atom = 8 dengan konfigurasi elektron sebagai berikut.

begin mathsize 14px style O space equals open square brackets He close square brackets space 2 s squared space 2 p to the power of 4 end style 

Berdasarkan konfigurasi tersebut terdapat 6 elektron valensi atom O. Untuk mencapai kestabilannya (memenuhi kaidah oktet) maka atom O membutuhkan 2 elektron yang disumbangkan dari 2 atom H. Selain menyumbangkan elektronnya, atom H juga akan stabil (memenuhi kaidah duplet) karena menerima 1 elektron dari atom O. Oleh karena itu, atom O mengikat 2 atom H untuk mencapai kestabilannya.

Dalam molekul begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style, atom N bertindak sebagai atom pusat dan atom H sebagai atom terikat. Atom N memiliki nomor atom = 7 dengan konfigurasi elektron sebagai berikut.

begin mathsize 14px style blank subscript 7 N equals open square brackets He close square brackets space 2 s squared space 2 p to the power of 5 end style  

Berdasarkan konfigurasi tersebut terdapat 5 elektron valensi atom N. Untuk mencapai kestabilannya (memenuhi kaidah oktet) maka atom N membutuhkan 3 elektron yang disumbangkan dari 3 atom H. Selain menyumbangkan elektronnya, atom H juga akan stabil (memenuhi kaidah duplet) karena menerima 1 elektron dari atom N. Oleh karena itu, atom N mengikat 3 atom H untuk mencapai kestabilannya.


Jadi, air dan amonia memiliki rumus kimia begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style sesuai dengan kestabilan senyawa yang dibentuk.

500

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gambarlah struktur Lewis dari molekul berikut. NH3​

291

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia