Roboguru

Kewirausahaan merupakan salah satu multi disiplin ilmu yang memerlukan berbagai pendekatan dalam memahaminya. Apa yang Anda ketahui mengenai pendekatan makro dalam pemikiran kewirausahaan? Berikan contoh kasus dari pendekatan makro?

Pertanyaan

Kewirausahaan merupakan salah satu multi disiplin ilmu yang memerlukan berbagai pendekatan dalam memahaminya. Apa yang Anda ketahui mengenai pendekatan makro dalam pemikiran kewirausahaan? Berikan contoh kasus dari pendekatan makro?space 

  1. ....space 

  2. ....space 

Pembahasan Soal:

Wirausaha berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Kata “wira” memiliki makna berani, utama, atau perkasa sedangkan kata “usaha” memiliki makna kegiatan yang mengerahkan tenaga pikiran dan fisik untuk mencapai tujuan. Secara terminologis, wirausaha  merupakan kemampuan untuk menciptakan, mencari, dan memanfaatkan peluang untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diidealkan.

Pendekatan makro meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi sukses atau tidaknya kewirausahaan. Faktor tersebut umumnya merupakan kondisi eksternal yang berada diluar kendali seorang pengusaha. Berikut merupakan 3 aliran pada pendekatan makro.

  1. Aliran pemikiran lingkungan, yaitu berkaitan dengan faktor eksternal yang mempengaruhi gaya hidup pengusaha.
  2. Aliran pemikiran finansial/capital, yaitu berkaitan dengan proses pencarian capital/modal. Keputusan finansial terjadi pada setiap daur hidup perusahaan.
  3. Aliran pemikiran displacement, yaitu berkaitan dengan individu yang dipandang tudak akan mendirikan usaha kecuali individu tersebut dihambat untuk melakukan aktvitas lain.

Contoh kasus dari pendekatan makro adalah evolusionisme, sistem, konflik, perubahan sosial, stratifikasi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved