Pertanyaan

Cermati kutipan cerita berikut!

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.space 

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....space 

  1. akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalamspace 

  2. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk lebih berhati-hatispace 

  3. banyak menggunakan kata-kata ungkapan, majas, dan kiasanspace 

  4. bagian akhir ceritanya biasa dan mudah ditebak oleh pembacaspace 

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerpen merupakan salah satu ragam dari jenis prosa. Cerpen, sesuai dengan namanya adalah cerita yang relatif pendek yang selesai dibaca sekali duduk. Proses sekali duduk dapat diartikan sebagai memahami isi pula. Artinya, pada saat itu isi cerpen dapat kita pahami. Keunggulan kutipan cerita tersebut adalahisi ceritanya menginspirasi pembaca untuk lebih berhati-hati. Di dalam teks dipaparkan bahwa tokoh "aku" mengendarai motor dengan kecepatan tinggi sehingga ketika melewati jalan yang licin motornya pun tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Namun, apabila dia mengendarai motor dengan hati-hati dan dengan kecepatan yang normal kecelakaan itu tidak ada terjadi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerpen merupakan salah satu ragam dari jenis prosa. Cerpen, sesuai dengan namanya adalah cerita yang relatif pendek yang selesai dibaca sekali duduk. Proses sekali duduk dapat diartikan sebagai memahami isi pula. Artinya, pada saat itu isi cerpen dapat kita pahami.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk lebih berhati-hati. Di dalam teks dipaparkan bahwa tokoh "aku" mengendarai motor dengan kecepatan tinggi sehingga ketika melewati jalan yang licin motornya pun tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Namun, apabila dia mengendarai motor dengan hati-hati dan dengan kecepatan yang normal kecelakaan itu tidak ada terjadi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

731

5.0 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penggalan cerita berikut. Aku tertegun kenapa Hariz mengingatkanku? Kalau mau jujur, sesungguhnya sudut hatiku yang terdalam merasa amat sedih. Bermain berpasangan dalam bulu tan...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia