Roboguru

Ketua Kongres Pemuda 2 pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah...

Pertanyaan

Ketua Kongres Pemuda 2 pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda adalah kongres nasional yang pernah diadakan 2 kali di Jakarta (Batavia). Kongres Pemuda I diadakan tahun 1926 dan menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dlsb. Selanjutnya juga disepakati untuk mengadakan kongres yang kedua. Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Selain itu pada kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Dengan demikian, ketua kongres pemuda 2 pada tanggal 28 oktober 1928 adalah Soegondo Djojopoespito.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Panitia pelaksana Kongres Pemuda II berdiri pada ....

Pembahasan Soal:

Pembentukan panitia Kongres Pemuda II berawal dari kongres Jong Indonesia yang diselenggarakan pada 28 Desember 1927. Dalam kongres tersebut ditetapkan nama Jong Indonesia berganti menjadi Pemuda Indonesia. Selain itu, beberapa keputusan penting kongres Jong Indonesia yang lain adalah ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar organisasi Pemuda Indonesia serta Pemuda Indonesia menyetujui usul Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) tentang dibentuknya fusi semua organisasi-organisasi yang berasaskan kebangsaan. Untuk merealisasikan fusi semua organisasi tersebut, PPPI segera mengadakan pertemuan untuk membentuk panitia Kongres Pemuda II yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap rangkaian acara seperti rapat-rapat terbuka dan ceramah-ceramah yang menganjurkan serta menguatkan semangat persatuan. Akhirnya, pada bulan Juni 1928, panitia Kongres Pemuda II terbentuk. Ketua Kongres Pemuda II adalah Soegondo Djojopoespito.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Rapat pertama, Sabtu 27 Oktober 1928, M.Yamin menguraikan tentang arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut beliau, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum ...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II diketuai oleh Sugondo Joyopuspito dan berlangsung pada 27-28 Oktober dalam tiga tahap rapat. Rapat pertama berlangsung di gedung Katholieke Jongelingen Bond di Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng), lalu dipindahkan ke Oost Java Bioscoop di Konigsplein Noord (sekarang Jalan Medan Merdeka Utara), dan kemudian Gedung Kramat 106 untuk rapat ketiga sekaligus penutupan rapat.

Dalam rapat pertama pada Sabtu 27 Oktober 1928., Mohammad Yamin menguraikan tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebelum tahun 1928 masyarakat Indonesia berperang hanya di wilayahnya saja. Kemudian mereka bersatu dari seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah. Bangsa Indonesia bersatu dengan mengucapkan sebuah i...

Pembahasan Soal:

Ikrar dari seluruh organisasi pemuda yang ada di Indonesia pada tahun 1928 disebut dengan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggan 27-28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda, secara garis besar, merupakan ikrar mengenai satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Salah satu pembicara dalam sidang penutup Kongres Pemuda II adalah ?

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda adalah kongres nasional yang pernah diadakan 2 kali di Jakarta (Batavia). Kongres Pemuda I diadakan tahun 1926 dan menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dlsb. Selanjutnya juga disepakati untuk mengadakan kongres yang kedua. Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Secara lengkap Keputusan Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928, dibacakan oleh Ketua Soegondo Djojopoespito untuk dimintakan persetujuan dari hadirin sebagai putusan kongres. Seluruh hadirin menyetujui putusan tersebut secara aklamasi. Selain itu pada kongres tersebut "Indonesia Raya" ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Dengan demikian, salah satu pembicara dalam sidang penutup kongres pemuda II adalah Soegondo Djojopoespito.

0

Roboguru

Ikrar pada gambar di atas sesuai pentingnya menjaga keutuhan wilayah NKRI, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ikrar Sumpah Pemuda terjadi pada Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Secara garis besar, ikrar Sumpah Pemuda berisikan 3 hal yakni satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Ikrar Sumpah Pemuda tersebut dalam perkembangannya berperan memperkuat sekaligus memperkokoh semangat persatuan pemuda dalam perjuangan meraih kemerdekaan. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved