Roboguru

Ketinggian wilayah B sesuai ilustrasi gambar, .... dan jenis tanaman yang cocok adalah ....

Pertanyaan

Ketinggian wilayah B sesuai ilustrasi gambar, .... dan jenis tanaman yang cocok adalah ....

  1. 812 m, kebun teh

  2. 814 m, karet

  3. 816 m, kopi

  4. 817m, sayuran

  5. 818 m, padi

Pembahasan Soal:

A : 815 meter; B : ? meter ; C : 825 meter.

(Ketinggian tidak dapat dihitung, sebab tidak ada jarak petanya dalam soal)

Tanpa skala dan tanpa kontur interval

Langsung analisis saja berarti titik B berada di antara 815 – 825 dan lebih dekat ke 815 meter. Tanaman yang cocok untuk daerah tersebut adalah karet, kopi, dan kina. Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn :

  1. Zona Iklim Panas

Kelompok pertama dari klasifikasi iklim Jughuhn ini adalah zona iklim panas. Zona iklim panas merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 0 hingga 600 meter di atas permukaan air laut. Di daerah dengan ketinggin ini, rata- rata suhu yang kita rasakan antara 22 derajat Celcius hingga 26,3 derajat Celcius. Iklim di daerah ini merupakan iklim yang paling panas dari pada daerah yang lainnya, maka dari itulah tidak semua tanaman bisa kita tanam, terlebih tanaman- tanaman yang membutuhkan udara dingin. Beberapa tanaman yang cocok kita tanam di wilayah iklim seperti ini misalnya padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa dan tanaman cokelat. Tanaman- tanaman ini biasanya kita temukan di wilayah pulau Sumatera, seperti Sumatera Selatan yang menjadi lokasi penelitian oleh Junghuhn.

  1. Zona Iklim Sedang

Kelompok kedua dari zona pembagian iklim menurut Jughuhn adalah zona iklim sedang. Zona iklim sedang merupakan iklim yang berada di tempat yang memiliki ketinggian antara 600 meter hingga 1500 meter di atas permukaan air laut. Di daerah ini suhu udara yang akan kita rasakan rata- rata amtara 17,1 derajat Celcius hingga 22 derajat Celcius. Iklim ini dirasa lebih dingin daripada iklim yang sebelumnya, maka dari itulah jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah inipun sudah berbeda dengan daerah sebelumnya, meskipun beberapa tanaman masih bisa hidup di wilayah ini. Adapun beberapa jenis tanaman yang cocok kita tanaman di wilayah yang memiliki iklim sedang antara lain adalah padi, tembakau, the, kopi, cokelat, kina dan seyur- sayuran seperti kol, sawi, selada dan lainnya. Beberapa tanaman tersebut sebagian bisa hidup di iklimpanas dan juga iklim sedang, namun untuk pertumbuhannya tentu saja akan berbeda dikedua tempat tersebut.

  1. Zona Iklim Sejuk

Kelompok ketiga dari zona pembagian iklim menurut Junghuhn adalah zona iklim sejuk. Iklim ini tentu saja lebih dingin daripada iklim sebelumnya, dan tempatnya pun juga lebih tinggi daripada sebelumnya. Zona iklim sejuk ini merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 1500 meter hingga 2500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan antara 11,1 derajat Celcius hingga 17,1 derajat Celcius, terbayang dinginnya bukan? di tempat ini ada beberapa tanaman yang masih dapat hidup dari zona iklim sedang tadi seperti the, kopi, kina dan juga sayur- sayuran. Tanaman- tanaman ini dapat kita jumah di wilyaah Dataran tinggi Bandung.

  1. Zona Iklim Dingin

Zona iklim keempat dan yang terakhir dari klasifikasi iklim Junghuhn adalah zona iklim dingin. Iklim dingin ini berada di tempat yang memiliki ketinggian yang lebih dari 2500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan sekitar 6,2 derajat celcius hingga 11,1 derajat Celcius. Di wilayah iklim dingin ini tidak akan kita temukan tanaman budidaya. Tanaman yang dapat hidup di iklim dingin ini misalnya adalah lumut.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ilustrasi berikut. Jika jarak A-C pada peta 10 cm dan jarak A-B = 7 cm, ketinggian titik B sesuai dengan ilustrasi adalah....dan dimanfaatkan untuk....

0

Roboguru

Titik A memiliki ketinggian +125m di atas permukaan air laut dan ketinggian tempat kota C adalah ...

0

Roboguru

Ketinggian titik A sesuai ilustrasi gambar adalah ...

0

Roboguru

Jarak A - C pada peta 5 cm dan jarak A - B = 2 cm maka ketinggian titik B sesuai dengan ilustrasi gambar adalah ... dan dimanfaatkan untuk ....

0

Roboguru

Ketinggian daerah A dan D sesuai ilustrasi gambar adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved