Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dipengaruhi oeh beberapa faktor. Faktor-taktor tersebut antara lain ...

Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dipengaruhi oeh beberapa faktor. Faktor-taktor tersebut antara lain ...

  1. pendidikan, demografis, keamanan, dari keadilan


  2. keadilan, ekonomi, kesehatan, dan keamanan


  3. kesehatan, demografis, pendidikan, dan keadilan


  4. ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan keamanan


  5. demografis, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: 1. Kondisi Demografis Kondisi demografis antara masyarakat satu dengan lainnya memiliki perbedaan. Letak perbedaan tersebut dapat dilihat pada jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan persebaran penduduk. 2. Kondisi Pendidikan Perbedaan kesempatan memperoleh pendidikan dapat menghasilkan ketimpangan sosial karena nantinya akan menghasilkan ketimpangan dalam aspek pembangunan manusia yang berkualitas. Perbedaan akses dalam pendidikan dapat didorong oleh persebaran fasilitas pendidikan, kualitas tenaga pengajar, dan juga akses terhadap sumber-sumber belajar yang tidak merata, 3. Kondisi Kesehatan Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dapat ditimbulkan karena faktor kondisi kesehatan. Permasalahan yang muncul karena faktor tersebut, terjadi bukan hanya karena fasilitas kesehatan yang tidak memadai. Akan tetapi, munculnya ketimpangan sosial dapat dikarenakan penyebaran fasilitas kesehatan yang tidak merata di setiap daerah, jangkauan kesehatan kurang luas, dan pelayanan kesehatan yang kurang memadai. 4. Kondisi Ekonomi Ketimpangan ini timbul dikarenakan tidak adanya pemerataan dalam pembangunan ekonomi. Ketidakmerataan pembangunan ini disebabkan karena adanya perbedaan antara pertumbuhan wilayah satu dengan lainnya.

Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
1. Kondisi Demografis
Kondisi demografis antara masyarakat satu dengan lainnya memiliki perbedaan. Letak perbedaan tersebut dapat dilihat pada jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan persebaran penduduk.
2. Kondisi Pendidikan
Perbedaan kesempatan memperoleh pendidikan dapat menghasilkan ketimpangan sosial karena nantinya akan menghasilkan ketimpangan dalam aspek pembangunan manusia yang berkualitas. Perbedaan akses dalam pendidikan dapat didorong oleh persebaran fasilitas pendidikan, kualitas tenaga pengajar, dan juga akses terhadap sumber-sumber belajar yang tidak merata,
3. Kondisi Kesehatan
Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dapat ditimbulkan karena faktor kondisi kesehatan. Permasalahan yang muncul karena faktor tersebut, terjadi bukan hanya karena fasilitas kesehatan yang tidak memadai. Akan tetapi, munculnya ketimpangan sosial dapat dikarenakan penyebaran fasilitas kesehatan yang tidak merata di setiap daerah, jangkauan kesehatan kurang luas, dan pelayanan kesehatan yang kurang memadai.
4. Kondisi Ekonomi
Ketimpangan ini timbul dikarenakan tidak adanya pemerataan dalam pembangunan

ekonomi. Ketidakmerataan pembangunan ini disebabkan karena adanya perbedaan antara
pertumbuhan wilayah satu dengan lainnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

107

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rahmat adalah seorang pengemis, padahal dulunya ia adalah karyawan swasta. Sayangnya, ketika krisis ekonomi, Rahmat di PHK oleh perusahaannya dan pada akhirnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan baru. ...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia