Roboguru

Ketimpangan sosial dapat menimbulkan monopoli keku...

Ketimpangan sosial dapat menimbulkan monopoli kekuasaan antara pemilik modal dan buruh. Benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!space space

Jawaban:

Benar. Ketimpangan sosial merupakan suatu keadaan dimana terdapat ketidakseimbangan dalam masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan yang ada di tengah masyarakat dan juga disebabkan oleh adanya perbedaan dalam mengakses atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. 

Menurut Karl Marx konflik antara pemilik modal dan buruh disebabkan oleh faktor ekonomi. Yang dimaksud dengan faktor ekonomi disini adalah penguasaan terhadap alat produksi oleh pemilik modal. Walaupun jumlah pemilik modal lebih sedikit daripada jumlah buruh, namun buruh tidak memiliki kekuasaan, hanya diarahkan dan dikendalikan oleh pemilik modal. Hal itu sangat bertentangan dengan hak asasi manusia. Kaum buruh bekerja guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka menerima upah dari para pemilik modal. Sedang pemilik modal bekerja dengan mencari untung atau laba sebanyak-banyaknya.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved