Ketimpangan kesempatan di bidang pendidikan dan keterampilan menyebabkan anak putus sekolah meningkat. Akibatnya, anak putus sekolah kesulitan memperoleh pekerjaan dengan upah/gaji layak. Bagaimana upaya mengatasi ketimpangan tersebut?

Pertanyaan

Ketimpangan kesempatan di bidang pendidikan dan keterampilan menyebabkan anak putus sekolah meningkat. Akibatnya, anak putus sekolah kesulitan memperoleh pekerjaan dengan upah/gaji layak. Bagaimana upaya mengatasi ketimpangan tersebut?space 

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Poin soal adalah upaya mengatasi ketimpangan sesuai ilustrasi pada soal.

Ilustrasi pada soal menunjukkan adanya ketimpangan kesempatan pada sektor pendidikan. Ketimpangan pendidikan biasanya terjadi karena mahalnya biaya sekolah setiap jenjang.

Masyarakat golongan menengah kebawah tentunya harus bekerja keras agar dapat menyekolahkan anaknya hingga jenjang sekolah lanjutan. Tidak banyak dari mereka yang terpaksa putus sekolah di tengah jalan dan dampak dari rendahnya tingkat pendidikan ini adalah ketidakmampuan mereka untuk mengubah kesejahteraan hidup.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketimpangan tersebut adalah adanya program prioritas khusus di bidang pendidikan yang didukung penuh oleh pemerintah.

Program tersebut berupa sekolah gratis tanpa syarat yang disertai dengan para pengajar terbaik di bidangnya untuk kalangan menengah kebawah sehingga mereka masih bisa mendapatkan pendidikan berkualitas.space 

306

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kesulitan masyarakat mengakses pendidikan menunjukkan terjadinya ketimpangan kesempatan dalam masyarakat. Tuliskan tiga faktor penyebab ketimpangan tersebut!

197

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia