Roboguru

Pertanyaan

Ketika udara panas, daun tumbuhan famili Gramineae (rumput-rumputan) menggulung untuk mengurangi penguapan. Hal ini disebabkan oleh adanya derivat epidermis berupa. . . .

  1. sel kipas

  2. emergensia

  3. spina

  4. velamen

  5. sel kersik

R. Ulfi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sel kipas merupakan alat tambahan pada epidermis daun bagian atas, tersusun dari beberapa sel berdinding tipis, memiliki vakuola yang besar, tidak mengandung kloroplas, dan bentuk sel seperti kapas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sel-sel epidermis di sekitarnya. Sel kipas berfungsi untuk menyimpan air dan mengurangi penguapan. Ketika udara panas, air di dalam sel kipas akan menguap, dan sel kipas akan mengerut, sehingga luas permukaan atas daun menjadi lebih kecil dari luas permukaan bawah daun. Hal tersebut menyebabkan daun menggulung sehingga laju penguapan berkurang. Sel kipas terdapat pada tumbuhan famili Gramineae.

1rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Daniel sedang mengamati jaringan batang tanaman Zea mays, pada pengamatannya ditemukan bahwa ada jaringan berbentuk persegi panjang dan tersusun rapat. Jaringan yang diamati ini dapat melakukan modifi...

135

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia