Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika terjadi kecelakaan kapal tanker di lepas pantai, sering menimbulkan tumpahan minyak ke laut. Agar tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas, biasanya orang-orang menyemprot dengan suatu bahan kimia. Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas. Bahan kimia yang digunakan adalah surfaktan. Surfaktan hanya mempunyai gugus hidrofobik. lkatan kimia yang ada dalam bahan kimia tersebut adalah ikatan hidrogen. Surfaktan adalah suatu bahan kimia yang molekulnya mempunyai gugus hidrofilik (polar atau bermuatan) dan gugus hidrofobik (non polar). Pernyataan berikut ini yang tepat sesuai bacaan di atas ditunjukkan oleh nomor ....

Ketika terjadi kecelakaan kapal tanker di lepas pantai, sering menimbulkan tumpahan minyak ke laut. Agar tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas, biasanya orang-orang menyemprot dengan suatu bahan kimia.

Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas.

  1. Bahan kimia yang digunakan adalah surfaktan.
  2. Surfaktan hanya mempunyai gugus hidrofobik.
  3. lkatan kimia yang ada dalam bahan kimia tersebut adalah ikatan hidrogen.
  4. Surfaktan adalah suatu bahan kimia yang molekulnya mempunyai gugus hidrofilik (polar atau bermuatan) dan gugus hidrofobik (non polar).

Pernyataan berikut ini yang tepat sesuai bacaan di atas ditunjukkan oleh nomor ....space 

  1. (1), (2) dan (3)space 

  2. (2), (3) dan (4)space 

  3. (1) dan (4)space 

  4. (2) dan (3)space 

  5. (2) dan (4)space 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah C. Hidrofil adalah koloid liofil yang fase pendispersinya air, sehingga fase terdispersinya dapat menarik atau mengikat partikel air. Sedangkan hidrofob merupakan koloid liofob yang fase pendispesinya air, sehingga fase terdisperinya tidak berikatan dengan air. Surfaktan adalah bahan kimia yang molekulnya mempunyai gugus hidrofilik (polar/bermuatan) dan gugus hidrofobik (nonpolar). Kecelakaan kapal tanker di lepas pantai sering menimbulkan tumpahan minyak ke laut. Agar tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas, orang menyemprot dengan bahan kimia yang dinamakan surfaktan. Bagian kepala sufraktan yang bersifat hidrofilik masuk ke fase air, sedangkan bagian ekor surfaktan yang bersifat tidak menyukai air atau hidrofobik dapat masuk ke fase minyak. Hal ini menyebabkanterjadinya difusi molekul surfaktan pada antar muka minyak dan air.Difusi tersebut menyebabkan penurunan tegangan antar muka minyak dan air, kemudian menyebabkan terjadinya campuran minyak dan air. Dengan demikian, tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas. Maka, pernyataan yang tepat sesuai bacaan ditunjukkan oleh nomor (1) dan (4).

Jawaban yang tepat adalah C.space 

Hidrofil adalah koloid liofil yang fase pendispersinya air, sehingga fase terdispersinya dapat menarik atau mengikat partikel air. Sedangkan hidrofob merupakan koloid liofob yang fase pendispesinya air, sehingga fase terdisperinya tidak berikatan dengan air. Surfaktan adalah bahan kimia yang molekulnya mempunyai gugus hidrofilik (polar/bermuatan) dan gugus hidrofobik (nonpolar).

Kecelakaan kapal tanker di lepas pantai sering menimbulkan tumpahan minyak ke laut. Agar tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas, orang menyemprot dengan bahan kimia yang dinamakan surfaktan. Bagian kepala sufraktan yang bersifat hidrofilik masuk ke fase air, sedangkan bagian ekor surfaktan yang bersifat tidak menyukai air atau hidrofobik dapat masuk ke fase minyak. Hal ini menyebabkan terjadinya difusi molekul surfaktan pada antar muka minyak dan air. Difusi tersebut menyebabkan penurunan tegangan antar muka minyak dan air, kemudian menyebabkan terjadinya campuran  minyak dan air. Dengan demikian, tumpahan minyak tidak menyebar lebih luas.

Maka, pernyataan yang tepat sesuai bacaan ditunjukkan oleh nomor (1) dan (4).

Konsep Kilat Koloid (NEW!)

Bedah Tipe Soal Koloid (NEW!)

Latihan Bab

155

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasien yang mengalami gagal ginjal melakukan proses cuci darah (dialisis) secara teratur. Di tingkat molekul, cuci darah bertujuan untuk....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia