Roboguru

Pertanyaan

ketika seorang anak menginjak usia remaja, ia akan mencari sosok figur yang dijadikan patokan. Sosialisasi tersebut menunjukkan anak telah mampu mengambil peran orang lain, menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu yang mandiri. Hal ini menempatkan sosialisasi anak berada pada tahapan ....

  1. play stage 

  2. game stage 

  3. significant others

  4. preparatory stage

  5. generalized others

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ketika seorang menginjak usia remaja, ia akan mencari sosok figur yang dijadikan patokan. Sosialisasi tersebut menunjukkan anak telah mampu mengambil peran orang lain serta telah mementukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu yang mandiri. Hal ini menunjukkan anak telah berada dalam tahap generalized other (pilihan jawaban E).

Untuk lebih jelasnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu sosialiasi dan bagaimana tahapan-tahapannya.

Sosialisasi dapat dijelaskan sebagai proses internalisasi nilai dan orma sosial ke dalam individu. Soerjono Soekanto mendefinisikan sosialisasi sebagai proses sosial dimana individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai perilaku orang-orang di sekitarnya.

Sosialisasi mempunyai tahapan-tahapannya yaitu:

  • Tahap persiapan (preparatory stage)

Tahap ini adalah persiapan bagi manusia untuk mengenali diri dan lingkungan sekitarnya. Tahap ini berlangsung ketika manusia dilahirkan, yakni dengan kemampuan berpikirnya manusia mengawali proses kehidupannya dengan melakukan kegiatan meniru meskipun pada awalnya manusia tidak paham tentang apa yang ditirunya. Lingkungan keluarga sangat berperan dalam proses sosialisasi pada tahap persiapan ini.

  • Tahap bermain (play stage)

Pada tahap meniru (play stage) ini kemampuan anak dalam berempati terhadap orang lain semakin meningkat. Kesadaran anak bahwa dunia sosial terdiri dari kumpulan dari beberapa orang mulai berkembang. Pada tahap ini anak-anak mulai mampu menirukan beberapa peran orang dewasa secara relatif sempurna.

  • Tahap bertindak (game stage)

Pada tahap ini anak mulai sadar bahwa dirinya merupakan bagian dalam sistem kehidupan sosial sehingga proses peniruan semakin berkurang dan digantikan oleh permainan yang diperankan secara sadar.

Kemampuan empati anak pada tahap ini semakin berkembang sehingga anak mulai mampu bermain beregu yang penuh dengan aturan main seperti bermain sepak bola.

  • Tahap penerimaan norma kolektif (generalized other)

Tahap penerimaan norma kolektif (generalized other) merupakan suatu tahap seseorang mulai dewasa dan mulai mampu memposisikan dirinya dengan baik dalam kehidupan masyarakat luas. Pada tahap ini seseorang mulai paham terhadap posisi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa, dan negara.

149

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Sejak kapan seseorang dapat dikatakan berkepribadian dewasa?

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia