Roboguru

Ketika sejumlah air dipanaskan dari 0°ke 4°C, maka yang akan terjadi adalah ....

Pertanyaan

Ketika sejumlah air dipanaskan dari 0°ke 4°C, maka yang akan terjadi adalah ....space 

  1. massa jenisnya meningkatspace 

  2. massa jenisnya berkurangspace 

  3. massa jenisnya tetap samaspace 

  4. air membekuspace 

Pembahasan Soal:

Ketika sejumlah air dipanasakan dari suhu 0°C ke 4°C, volume air akan menyusut. Karena volumenya menyusut, maka massa jenis air akan meningkat karena massa jenis berbanding terbalik dengan volume.space 

Dengan demikian, yang akan terjadi adalah massa jenisnya menungkat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada pemanasan zat cair dan zat padat yang dipanaskan secara bersamaan dalam waktu dan perubahan suhu yang sama, maka pemuaian pada zat cair akan lebih besar daripada pemuaian pada zat padat. Hal ini ...

Pembahasan Soal:

Pemuaian adalah proses pertambahan volume suatu zat akibat peningkatan suhu atau penyerapan kalor. Pemuaian setiap zat akan berbeda, tergantung pada suhu lingkungan dan koefisien muai atau daya muai dari zat tersebut. Koefisien muai tergantung pada wujud zat tersebut, zat cair akan lebih mudah memuai daripada zat padat karena jarak antar molekulnya lebih renggang. Contohnya ketika kita memanaskan panci yang berisi penuh air hingga mendidih. Air akan tumpah dari panci karena volume air yang memuai lebih besar daripada volume panci yang memuai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien muai zat cair!

Pembahasan Soal:

Sifat zat cair adalah selalu mengikuti bentuk wadahnya. Dalam hal ini wadah berarti besaran volume, maka zat cair hanya memiliki muai volume. Sehingga, untuk zat cair yang diketahui adalah koefisien muai volume. Koefisien muai volume (gamma) zat cair adalah fraksi pertambahan volume terhadap volume awal zat cair per satuan kenaikan suhu, yang dirumuskan oleh:

gamma equals fraction numerator begin display style fraction numerator capital delta V over denominator V subscript 0 end fraction end style over denominator capital delta T end fraction.  

Roboguru

Perhatikan grafik pemuaian air berikut! Sumbu vertikal (P) dan (R) serta sumbu mendatar (Q) dan (S) tampak pada grafik mewakili besaran fisika ...

Pembahasan Soal:

Pemuaian yang terjadi pada air memiliki sifat anomali pada rentang suhu 0°C - 4°C, yaitu saat memuai justru volumenya menyusut sehingga grafik volume terhadap waktu untuk rentang suhu 0°C - 4°C menurun. Setelah itu air bersifat normal sehingga grafik naik (Grafik P-Q). Adapun massa jenis air berbanding terbalik, sehingga untuk grafik massa jenis terhadap waktu memiliki bentuk sebaliknya (Grafik R-S).

Dengan demikian, besaran yang ada pada grafik adalah P = volume, R = massa jenis, Q = waktu, dan S = waktu.

Jadi jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Pada suhu 35°C zat cair memiliki volume 8,0036 m3, jika nilai koefisien muai volume zat cair 0,0012/°C dan volume awal zat cair 8 m3. Hitunglah suhu awal zat cair tersebut!

Pembahasan Soal:

Dari persamaan pemuaian pada pada zat cair, diperoleh perubahan suhu yaitu:

capital delta V equals V subscript 0 cross times gamma cross times capital delta T V subscript t minus V subscript 0 equals V subscript 0 cross times gamma cross times capital delta T 8 comma 0036 minus 8 equals 8 cross times 0 comma 0012 cross times capital delta T capital delta T equals 0 comma 375 degree straight C. 

Sehingga, suhu awal zat cair adalah:

capital delta T equals T minus T subscript 0 0 comma 375 equals 35 minus T subscript 0 T subscript 0 equals 34 comma 625 degree straight C. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah 34,625°C. 

Roboguru

Suhu sejumlah air yang banyak seperti sebuah danau tidak akan berubah banyak terhadap waktu, terutama karena air ...

Pembahasan Soal:

Untuk menaikkan suhu suatu zat maka memerlukan kalor. Besar kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu sebanding dengan massa zat, kalor jenis zat, dan perubahan suhu yang dituliskan pada persamaan:

Q equals m c increment T 

Kalor jenis adalah banyak kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu sebesar 1°C pada 1 kg zat. Besar kalor jenis pada air sangat tinggi yakni 4200 J/kg°C. Artinya untuk menaikkan suhu sebesar 1°C pada 1 kg dibutuhkan kalor sebesar 4200 J. Hal inilah yang menyebabkan suhu sejumlah air yang banyak seperti sebuah danau tidak akan berubah banyak terhadap waktu.

Dengan demikian suhu sejumlah air yang banyak seperti sebuah danau tidak akan berubah banyak terhadap waktu karena air memiliki kalor jenis yang sangat tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved