Roboguru

Ketika negara belum bisa mewujudkan kesejahteraan rakyatnya secara merata maka kesenjangan ekonomi masih terjadi antara kelompok miskin dan kaya. Hal itu berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat yang disebabkan oleh ...

Pertanyaan

Ketika negara belum bisa mewujudkan kesejahteraan rakyatnya secara merata maka kesenjangan ekonomi masih terjadi antara kelompok miskin dan kaya. Hal itu berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat yang disebabkan oleh ... 

  1. perbedaan kebudayaan 

  2. perubahan kebudayaan 

  3. adanya ketidakadilan space

  4. adanya kesalahpahaman space

  5. masuknya budaya asing space

Pembahasan Soal:

Kesenjangan sosial merupakan kondisi ketidakseimbangan dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya kelompok kaya dan miskin yang dikaitkan dengan materi seperti harta kekayaan maupun barang. Kesenjangan sosial ekonomi muncul ketika adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi yang berbeda dalam masyarakat. Terjadinya kesenjangan sosial ekonomi disebabkan adanya ketidakadilan seperti akses pendidikan yang sulit, terbatasnya lapangan kerja di beberapa daerah sehingga menyebabkan penganguran dan tingkat pendapatan masyarakat rendah, pembangunan yang belum merata di beberapa daerah yang menghambat distribusi hasil produksi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puji

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ilustrasi berikut ! Desa Melati ditunjuk oleh pemerintah kabupaten untuk mengembangkan program Desa Sejahtera Mandiri. Suatu desa diikutkan program Desa Sejahtera Mandiri apabila ...

Pembahasan Soal:

Pada ilustrasi diatas dapat menimbulkan kecemburuan sosial, dikarenakan pemerintah lebih memilih desa melati dibanding dengan desa lainnya. Sehingga akibat kecemburuan yang terjadi dapat memicu konflik antar desa maupun desa dengan pemerintah. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pemicu munculnya konflik adalah...

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu munculnya konflik:

  1. Perbedaan pendirian, dan keyakinan. Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. 
  2. Perbedaan kebudayaan. Konflik yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara.
  3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan ini menyangkut kepentingan ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Contoh konflik yang biasanya disebabkan oleh perbedaan kepentingan misalnya pemutusan hubungan kerja di pabrik. Pengusaha pabrik memiliki kepentingan agar usahanya terus berproduksi dan menghasilkan laba, satu cara yang diambil adalah mengurangi karyawan.
  4. Faktor Perubahan sosial. Perubahan posisi seseorang atau kelompok dalam masyarakat juga menyebabkan konflik. Perubahan sosial menurun, dimana seseorang mengalami penurunan posisi status posisi ke yang lebih rendah derajatnya dapat berpotensi menimbukan konflik sosial.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat ialah C

0

Roboguru

Salah satu penyebab terjadinya pertentangan atau konflik sosial adalah …

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto faktor yang dapat menyebabkan konflik adalah :

1. Perbedaan pendirian dan perasaan antar individu

2. Perbedaan kebudayaan yang dapat mempengaruhi perbedaan kepribadian yang terbentuk dalam kebudayaan tersebut

3. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok

4. Perubahan sosial yang memicu adanya perubahan tata nilai sehingga memunculkan golongan dengan pendirian yang berbeda

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Espace space

0

Roboguru

Pembangunan pabrik pada suatu daerah mendorong terjadinya migrasi penduduk untuk mencari kerja. Dalam perkembangannya, masyarakat pendatang lebih sukses dibandingkan penduduk lokal yang mayoritas tida...

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada terjadinya konflik kesenjangan sosial yang terjadi suatu daerah akibat migrasi. 

Untuk menjelaskan yang menjadi latar belakang terjadinya konflik tersebut, maka kita perlu tahu apa yang dimaksud konflik. Konflik berasal dari kata kerja latin "configere". Artinya saling memukul. Secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih. Di mana salah satu pihak berusaha yang ingin menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya. Menurut Soerjono Soekanto, Faktor penyebab konflik atau akar-akar pertentangan suatu konflik antara lain:

  1. Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.
  2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.
  3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.
  4. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.

Dalam ilustrasi di soal dijelaskan bahwa terjadinya konflik sosial tersebut dikarenakan adanya proses migrasi penduduk luar daerah yang justru menjadi orang-orang sukses mengalahkan penduduk asli daerah tersebut. Hal ini menandakan bahwa adanya konflik sosial tersebut dilatarbelakangi oleh perubahan sosial dimana perubahan di suatu daerah menyebebakan munculnya golongan-golongan yang berbeda dari golongan pada umumnya. 

Jadi, jawabannya adalah adanya perubahan sosial. 

0

Roboguru

Proses pembangunan yang tidak merata mendorong munculnya kecemburuan sosial. Kondisi tersebut terjadi karena masyarakat di daerah pelosok merasa tidak diperhatikan. Akibatnya, mereka melakukan aksi de...

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan perbedaan atau pertentangan antar individu atau kelompok sosial yang terjadi karena perbedaan kepentingan, serta adanya usaha memenuhi tujuan dengan jalan menentang pihak lawan disertai dengan ancaman atau kekerasan. Faktor-faktor yang menjadi latar belakang terjadinya konflik sosial yaitu:

1. Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka, terutama perbedaan pendirian dan perasasaan. Sehingga, hal ini lantas menjadi faktor penyebab konflik yang signifikan.

2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola-pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian, yang sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian seseorang dalam kebudayaan tersebut.

3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.

4. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.undefined  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved